Kunjungan Industri

VIRTUAL COMPANY VISIT

PT Ajinomoto Indonesia

Pada hari Kamis, 1 September 2022 Excellent Community of Management (XCM) menyelenggarakan kegiatan Virtual Company Visit dengan tema “How PT Ajinomoto Develop Strategies to Increase Healthy Lifestyle Adoption”. Kegiatan ini merupakan kolaborasi XCM dengan Program Studi Manajemen dalam melaksanakan Virtual Company Visit bersama PT Ajinomoto Indonesia. Acara ini diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom meeting pada pukul 13.00-15.00 WIB dan dibuat eksklusif untuk mahasiswa/i Program Studi Manajemen Kampus Ancol.

        Pada pukul 13.05 WIB acara dimulai dengan sapaan dari Maria Angeline selaku MC yang memandu jalannya acara ini. Dilanjutkan oleh kata sambutan dari Ibu Sophia Reni Susilo, S.E., M.M selaku Sekretaris Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan singkat dari PT Ajinomoto dan pemaparan materi mengenai “Keamanan “Monosodium Glutamat” dan Bijak Garam” oleh Ibu Tria Anggita selaku PR PT. Ajinomoto Indonesia. Dalam sesi pemaparan materi ini Ibu Tria Anggita menjelaskan secara singkat mengenai sejarah dari Aji-No-Moto, komposisi MSG, mitos dan fakta mengenai MSG, serta konsumsi “Bijak Garam”.

Setelah sesi pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Maria Angeline selaku MC dan Ibu Tria Anggita selaku pembicara. Dalam sesi ini terdapat beberapa mahasiswa/i yang menanyakan pertanyaan seputar topik keamanan MSG dan strategi dari PT Ajinomoto.

          Kegiatan Virtual Company Visit ini kembali dilanjutkan dengan virtual tour Gedung AVC yang dipandu oleh Ibu Siti Melani Latifah A selaku Tour Guide 1. Di dalam kegiatan ini peserta diajak berkeliling secara virtual Gedung Ajinomoto Visitor Center Pabrik Karawang. Zona 1 dan 2 dari AVC, dan ruangan lainnya. Sembari mengelilingi gedung AVC diselipkan juga beberapa games interaktif berupa pertanyaan seputar gedung AVC dan Ajinomoto.

Setelah Virtual Tour Gedung AVC, peserta diajak untuk mengelilingi Pabrik yang dipandu oleh Ibu Nabilah D. Rinjani selaku Tour Guide 2. Di dalam Virtual Tour Pabrik ini dijelaskan mengenai bagaimana proses pengolahan produk-produk PT. Ajinomoto seperti Masako, MSG Ajinomoto, SAORI mulai dari awal (bahan baku) hingga pengemasan.

        Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian TOA (Token of Appreciation) oleh Ibu Sophia Reni Susilo kepada Pembicara, Tour Guide 1 dan Tour Guide 2. Dan diakhiri dengan sesi dokumentasi serta pengisian link kuesioner dan daftar hadir oleh peserta Virtual Company Visit ini.

     Semoga dengan terselenggaranya kegiatan Virtual Company Visit bersama PT. Ajinomoto Indonesia ini dapat menambah wawasan dan pengalaman peserta mengenai bagaimana proses pengolahan produk PT Ajinomoto dan skema gedung atau pabrik di perusahaan. Dan diharapkan juga dengan adanya kegiatan ini peserta dapat lebih mengerti mengenai kesehatan sesuai dengan kampanye “Bijak Garam” yang telah disampaikan oleh Ibu Tria Anggita dalam sesi pemaparan materi.


VIRTUAL COMPANY VISIT

PT Faber-Castell International Indonesia

Pada hari Jumat, 10 September 2021 Excellent Community of Management (XCM) menyelenggarakan kegiatan Virtual Company Visit dengan tema “The Deeper Insight of A 260-year-old International Stationery Manufacturer”. Kegiatan ini merupakan kolaborasi XCM dengan Program Studi Manajemen dalam melaksanakan Virtual Company Visit  bersama PT Faber-Castell International Indonesia. Virtual Company Visit ini diselenggarakan secara virtual, dan kegiatan ini dibuat eksklusif khusus untuk mahasiswa/i Program Studi Manajemen Kampus Ancol dan Kampus Serpong. 

         

Acara dimulai pukul 14.45 yang diawali dengan video seputar PT Faber-Castell International Indonesia. Kegiatan ini dipandu oleh Anastasia Erdina Renaganis selaku MC. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Lilis Susilawaty, S.E., M.M. selaku Manajer Akademik UBM Kampus Serpong dan dari Ibu Maria Josepha Cendry Sudirman, S.E., M.M. selaku Pembina XCM. Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Moderator yaitu dengan Riski Gazali selaku Mahasiswa Aktif Program Studi Manajemen dan juga dilanjutkan dengan perkenalan dari Bapak Andri Kurniawan dan Bapak Mulyadi Gunawan selaku Public Relation Manager dan Factory Manager PT Faber-Castell International Indonesia.


Masuk ke sesi inti acara yaitu pemaparan materi dari PT Faber-Castell International Indonesia. Didahului dengan penjelasan singkat mengenai profile perusahaan PT Faber-Castell International Indonesia yang dibawakan oleh Bapak Andri Kurniawan. Pada sesi ini. Pemaparan materi dilanjutkan oleh Bapak Mulyadi Gunawan, beliau merupakan Factory Manager dari PT Faber-Castell International Indonesia pabrik spidol di Cibitung. Bapak Mulyadi memberikan materi mengenai Operasional Pabrik, Inovasi Produk, serta Sustainability. Pemaparan materi diakhiri oleh Bapak Andri Kurniawan yang membahas mengenai Management di perusahaan PT Faber-Castell International Indonesia terutama di masa pandemi.

    

Setelah selesai dengan sesi pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dilakukan mahasiswa/i pada kolom chat yang dipandu oleh moderator dan akan ditanyakan kepada Bapak Andri dan Bapak Mulyadi untuk memberikan jawaban dan penjelasan atas pertanyaan tersebut. Setelah sesi tanya jawab, peserta beserta dengan narasumber melakukan sesi foto bersama sebelum acara selesai. Acara diakhiri dengan Kuis Trivia dan pembagian Voucher yang diberikan kepada mahasiswa/i dari PT Faber-Castell International Indonesia.



Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa/i dapat lebih memahami tentang operasional perusahaan serta strategi yang telah dijelaskan oleh Bapak Andri dan Bapak Mulyadi pada sesi pemaparan materi yang telah dilakukan.

Jess, Shar

VIRTUAL COMPANY VISIT

HOW THE FOOD & BEVERAGE COMPANY SURVIVE IN PANDEMIC ERA

    Pada hari Sabtu, 22 Mei 2021 Excellent Community of Management (XCM) bersama PT. Sentra Food Indonesia Tbk menyelenggarakan kegiatan Virtual Company Visit dengan tema “ How The Food & Beverage Survive In Pandemic Era”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen bersama dengan Perusahaan yang bergerak di bidang Food & Beverage yaitu PT. Sentra Food Indonesia Tbk. Virtual Company Visit ini diselenggarakan secara virtual, dan kegiatan dikhususkan bagi mahasiswa/i Program Studi Manajemen Ancol.


    Acara ini dimulai pada pukul 10.00  dengan jumlah peserta sebanyak 73 mahasiswa/I yang dipandu oleh Maria Angeline (12200028) Mahasiswa Aktif Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol selaku MC. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Maria Josepha Cendry Sudirman S.E., M.M selaku Pembina XCM.


    Memasuki sesi inti acara yang di mana sesi dimulai oleh moderator yaitu Anthony Japutra (12180254)  selaku Mahasiswa Aktif Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol. Pemaparan materi dilakukan oleh Bapak Agustus Sani Nugroho yang merupakan narasumber pada kegiatan ini. Bapak Agustus Sani Nugroho memulai acara dengan  memberikan penjelasan singkat mengenai profile PT Sentra Food Indonesia Tbk dan dilanjutkan dengan memberikan pemaparan materi tentang perkembangan Food & Beverage Di Indonesia. Bapak Agustus Sani Nugroho juga membahas mengenai bagaimana perusahaan dapat bertahan dan strategi apa yang dapat digunakan dalam kondisi pandemic saat ini. Kemudian Bapak Agustus melanjutkan materi dengan membahas kekuatan produk dan diferensiasi produk.
   

    Setelah selesai dengan sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dilakukan mahasiswa/i pada kolom chat yang akan dibacakan oleh moderator dan akan ditanyakan kepada Bapak Agustus Sani Nugroho untuk dapat memberikan jawaban dan penjelasan atas pertanyaan tersebut.


    Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa/i dapat lebih memahami perkembangan sektor Food & Beverage di Indonesia yang telah dijelaskan oleh Bapak Agustus Sani Nugroho pada sesi pemaparan materi yang telah dilakukan.

VIRTUAL COMPANY VISIT
“THE EVOLUTION AND OPPORTUNITY OF FINTECH
 IN ECONOMIC DIGITAL ERA

 

 

 

 

 

     Pada hari Sabtu, 6 Maret 2021 Excellent Community of Management (XCM) bersama Executive of Digital Business menyelenggarakan kegiatan Virtual Company Visit dengan tema “The Evolution and Opportunity of FINTECH in Economic Digital Era”. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Bisnis dalam melaksanakan Virtual Company Visit bersama dengan Perusahaan yang bergerak di bidang Fintech yaitu PT Espay Debit Indonesia Koe. Virtual Company Visit ini diselenggarakan secara virtual, dan kegiatan dikhususkan bagi mahasiswa/i Program Studi Manajemen Ancol, Program Studi Manajemen Bisnis Digital Ancol dan Serpong.


 









 

 


    Acara ini dimulai pada pukul 16.00 yang dipandu oleh Anastasia Erdina Renaganis selaku MC. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Maria Josepha Cendry Sudirman S.E., M.M selaku Pembina XCM.

    
    Acara selanjutnya merupakan  kata sambutan dari Bapak Halim Agung S.Kom., M.Kom selaku Ketua dan Pembina Program Studi Bisnis Digital. Memasuki sesi inti acara yang di mana sesi dimulai oleh moderator yaitu Ibu Shella Natasha selaku Corporate Patnership and Internal Communication Lead dari  PT
Espay Debit Indonesia Koe. Pemaparan materi dilakukan oleh Bapak Andre Setiawan yang merupakan narasumber pada kegiatan ini. Bapak Andre Setiawan memulai acara dengan  memberikan penjelasan singkat mengenai profile PT Espay Debit Indonesia Koe dan dilanjutkan dengan memberikan pemaparan materi tentang Perkembangan Fintech Di Indonesia. Bapak Andre Setiawan juga membahas mengenai Perubahan Gaya Hidup di Era Pandemi Dan Peluang Fintech di Indonesia. 


    Setelah selesai dengan sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dilakukan mahasiswa/i pada website Slindo yang akan dibacakan oleh moderator dan akan ditanyakan kepada Bapak Andre Setiawan  untuk dapat memberikan jawaban dan penjelasan atas pertanyaan tersebut. Selanjutnya sebagai bentuk apresiasi, Program Studi Manajemen bersama Program Studi Bisnis Digital memberikan token of appreciation kepada moderator yaitu Ibu Shella Natasha yang diberikan oleh Ibu Maria Josepha Cendry Sudirman S.E.,  M.M selaku Pembina XCM. Dan dilanjutkan dengan pemberian token of appreciation kepada  narasumber yaitu Bapak Andre Setiawan  oleh Bapak Halim Agung S.Kom., M.Kom selaku Ketua dan Pembina Program Studi Bisnis Digital .









    Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa/i dapat lebih memahami Perkembangan Fintech di Indonesia yang telah dijelaskan oleh Bapak Andre Setiawan pada sesi pemaparan materi yang telah dilakukan.



VIRTUAL COMPANY VISIT


    Pada hari Senin, 23 November 2020 Excellent Community of Management (XCM) menyelenggarakan kegiatan Virtual Company Visit dengan tema “How The Largest Distributor Company in Indonesia Still Exist In Pandemic Era”. Kegiatan ini merupakan kolaborasi XCM dengan Program Studi Manajemen dalam melaksanakan Virtual Company Visit bersama dengan PT Datascript. Virtual Company Visit ini pastinya diselenggarakan secara virtual, dan kegiatan ini khusus bagi mahasiswa/i Program Studi Manajemen.


    Acara ini dimulai pada pukul 15.30 yang diawali dengan pemutaran video seputar PT Datascript. Kegiatan ini dipandu oleh Bartolomeus Wahyu Sawarsa selaku MC. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Oktafalia Marisa Muzammil S.E., M.M. selaku Ketua Program Studi Manajemen akan tetapi diwakilkan oleh Ibu Sophia Reni Susilo, S.E., M.M.


    Dilanjutkan oleh Ibu Maria Josepha Cendry Sudirman, S.E.,  M.M. selaku Pembina XCM.


    Dan diakhiri dengan kata sambutan dari Ibu Mary Oetomo selaku Director PT Datascript. Lalu penjelasan singkat mengenai profile PT Datascript dibawakan oleh Bapak Handy Wijaya dari tim PT Datascript. Bapak Handy juga  membahas produk- produk  yang dijual oleh PT Datascript.  


    Memasuki sesi inti acara yang dimana sesi dimulai oleh moderator yaitu Anthony Japutra selaku perwakilan dari XCM. Pemaparan materi dilakukan oleh Bapak Raditya Nyoardinata yang merupakan narasumber utama pada kegiatan ini. Beliau merupakan marketing dari PT Datascript. Bapak Raditya memberikan materi tentang marketing. Salah satunya seperti target market. Bapak Raditya juga membahas mengenai strategi marketing dan distribusi produk PT Datascrip dimasa pandemic.


  
       

    Setelah selesai dengan sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dilakukan mahasiswa/i pada kolom chat yang akan disampaikan oleh moderator dan akan ditanyakan kepada Bapak Raditya untuk dapat memberikan jawaban dan penjelasan atas pertayaan tersebut. Selanjutnya diakhiri dengan pemberian voucher yang diberikan kepada mahasiswa/i dari PT Datascript.


    Sebagai bentuk apresiasi, Program Studi Manajemen memberikan token of appreciation kepada moderator yaitu Anthony Japutra yang diberikan oleh Ibu Maria Josepha Cendry Sudirman S.E.,  M.M selaku Pembina XCM. Dan dilanjutkan dengan pemberian token of appreciation kepada  narasumber yaitu Bapak Raditya Nyoardinata oleh Ibu Sophia Reni Susilo, S.E., M.M. selaku Sekretaris Program Studi Manajemen.


    Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa/i dapat lebih memahami target market yang telah dijelaskan oleh Bapak Raditya pada sesi pemaparan materi yang telah dilakukan.



VIRTUAL COMPANY VISIT

“UBM & Akpar BM Go to BCA to Get Blue Ticket” 

    Pada hari kamis, 15 Oktober 2020 Alumni and Career Centre Universitas Bunda Mulia (ACC UBM) menyelenggarakan kegiatan Virtual Company Visit dengan tema “UBM & Akpar BM Go to BCA to Get Blue Ticket”. Kegiatan ini merupakan kolaborasi ACC UBM dengan seluruh program studi dalam melaksanakan Virtual Company Visit bersama Bank Central Asia yang merupakan salah satu mitra kerja sama Universitas Bunda Mulia. Virtual Company Visit ini pastinya diselenggarakan secara virtual, dan kegiatan ini dibuat secara eksklusif khusus untuk mahasiswa/i tingkat akhir dan juga alumni.

    Acara dimulai pukul 10.00 yang diawali dengan video seputar BCA. Kegiatan ini dipandu oleh Debby Cynthia selaku MC dan kegiatan ini diikuti mahasiswa/i Universitas Bunda Mulia semester 7 ke atas, Kampus Ancol & Serpong dan semester 5 Akademi Pariwisata Bunda Mulia kampus Ancol. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Alumni – Ibu Rina Nur Chasanah, SE., MM. dan dilanjutkan kata sambutan dari Ibu Laura Andiny selaku Assistant Vice President Recruitment BCA. Lalu penjelasan singkat mengenai profil BCA yang dibawakan oleh Bapak Lunardi dari tim rekrutmen BCA.

    Bapak Heryanto selaku Relationship Officer BCA KCU Kelapa Gading selaku narasumber utama pada kegiatan ini. Beliau merupakan alumni Universitas Bunda Mulia program studi manajemen tahun angkatan 2009. Beliau juga dulu aktif sebagai Ketua dalam Himpunan mahasiswa Program Studi Manajemen yaitu Excellent Community of Management (XCM) pada tahun 2011 – 2012.

    

   Memasuki sesi acara inti yang di mana sesi talkshow dengan moderator yaitu oleh Ibu Gisela Valensiadari dari tim rekrutmen BCA, dan Bapak Heryanto selaku narasumber. Bapak Heryanto menceritakan bagaimana awalnya beliau dapat berkarir di BCA, berbagi pengalaman mengenai bidang yang ditekuni beliau dan memberikan informasi mengenai apa saja yang sekiranya perlu dipersiapkan untuk berkarir di BCA.

    Setelah selesai dengan sesi talkshow dilanjutkan dengan permainan menarik yaitu dengan nama Quiz Rumah Biru yang berisikan tentang Bank BCA yang dibawakan oleh Bapak Lunardi. Selanjutnya sesuai dengan tema kegiatan ini – to Get Blue Ticket, para peserta mendapatkan kesempatan yang sangat eksklusif untuk dapat langsung melamar untuk posisi Relationship Officer BCA melalui link yang sudah diberikan oleh panitia.

    Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa/i dapat lebih memahami karier di dunia perbankan khususnya BCA dan siap untuk menjalani tantangan karier setelah lulus dari Universitas Bunda Mulia.


Kunjungan Industri Tahu Susu Lembang, Bandung Rabu, 15 Maret 2017

 

Kunjungan Industri Internal ke Rumah Produksi Tahu Susu Lembang yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (Excellent Community of Management/XCM) pada hari Rabu, 15 Maret 2017.  Rumah produksi Tahu Susu Lembang ini yang berlokasi di Jl. Raya Lembang 177, Kabupaten Bandung Barat. Rombongan tiba disana pukul 11.45 WIB yang disambut ramah oleh ka Ardel selaku Public Relation dari Tahu Susu Lembang.
Tahu Susu Lembang didirikan oleh Bapak Perry Tristanto pada tanggal 21 Desember 2008. Di Rumah Produksi Tahu Susu Lembang sendiri, terdapat ruang produksi dan juga outlet penjual produknya. Ketika sampai disana, tim XCM diarahkan menuju ruang produksi. Di sana dapat dilihat proses produksi tahu mulai dari persiapan bahan baku sampai proses pencetakan serta proses packing. Berdasarkan penjelasan dari ka Ardel, dapat diketahui bahwa, selain memproduksi tahu susu yang dijual dengan harga Rp 25.000/10 tahu susu, di sana juga memproduksi tahu mentega yang dijual dengan harga Rp 30.000/10 tahu mentega.
Sedangkan di outlet penjualan, terdapat  banyak produk-produk mentah ataupun produk matang dari Tahu Susu Lembang ini. Semua yang berkunjung kesana dapat dengan mudah membeli produk yang dijual disana. Diakhir kegiatan kunjungan ini, penyerahan plakat diwakili oleh Bapak Brendi Wijaya, SE.,MM selaku dosen pendamping kepada pihak Tahu Susu Lembang yang diwakili oleh Kak Ardel dan peserta kunjungan industri mendapat sebuah bingkisan yang berisi tahu susu, susu kedelai dan      buku resep tahu susu serta dapat berbelanja puas di outlet penjualannya. #WNA

 

Program Studi Manajemen : Kunjungan Industri ke PT. Cimory Hospitality Sejahtera, 06 Desember 2016

 


Pada hari Selasa, 06 Desember 2016, Mahasiswa/i Program Studi Manajemen bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen :Excellent Community of Management (XCM) telah melakukan salah satu kegiatan rutin yaitu Kunjungan Industri ke PT Cimory Hospitality Sejahtera. Kunjungan Industri kali ini dibuka bagi seluruh mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia yang berjumlah 166 orang mahasiswa/i, 7 orang panitia mahasiswa/i dan 5 orang dosen pendamping yaitu Bapak Howard S. Giam, SE., Ak., MBA., Ibu Lelly Chrisitin, SE., MM, Ibu Lilis Susilawaty, SE, MM., Ibu Tannia, SE., MM., Bapak Brendi Wijaya, SE., MM.
PT. Cimory Hospitality Sejahtera berdiri pada tanggal 18 Februari 2006 dan memiliki 2 pabrik yang berlokasi di Cisarua dan di Semarang. Pada kesempatan kali ini, kami berkunjung ke Cimory Riverside yang berlokasi di Jalan Raya Puncak KM. 76, Megamendung, Cisarua, Cipayung Girang, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770.
Kami semua berangkat menuju lokasi pada pukul 06.30 WIB dan tiba di Cimory Riverside pukul 08.15 WIB. Setibanya disana, kami melakukan foto bersama dan disambut oleh pihak Cimory Riverside dengan membagikan welcome drinkproduk unggulan susu Cimory. Acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok menjadi 2 (dua). Seluruh peserta diajak ke Cimory Florest oleh Bapak Irwan. Beliau menjelaskan jenis sapi Frisian Holstein menjadi bahan baku berupa susu untuk produk Cimory (cow story), bagaimana memeras susu sapi (cow milking), hingga mengolahnya dan menyimpannya dengan benar dan bagaimana proses pembuatan susu tersebut menjadi produk Cimory. Selesai pemberian materi, kami juga diajak untuk berkeliling melihat produk- produk yang dijual di lokasi tersebut.

Setelah makan siang, pihak Cimory Riverside, Bapak Dede, mendemokan pembuatan milk shakerasa cokelat. Dalam pelaksanaanya, ada peserta yang diberikan kesempatan untuk mencoba langkah- langkah yang telah di instruksikan sebelumnya.
Setelah pemberian materi selesai, peserta diberikan kesempatan untuk makan siang dan berbelanja produk Cimory. Acara Kunjungan Industri diakhiri dengan ucapan terima kasih serta pemberian plakat dari Universitas Bunda Mulia yang diwakili oleh Ibu Lilis Susilawaty, SE., MM. kepada pihak Cimory Riverside yang diwakili oleh Bapak Dede. Kegiatan terlaksana dengan baik dan peserta kembali ke Universitas Bunda Mulia pada pukul 15.00 WIB.

 
Kunjungan Industri Mahasiswa Program Studi Manajemen ke PT Yakult Indonesia Persada

Pada hari Jumat, 7 October 2016. XCM (Excellent Community of Management) bersama mahasiwa program studi manajemen Universitas Bunda Mulia melakukan kunjungan industri (KI) ke PT. Yakult Indonesia Persada yang berlokasi di kawasan Indolakto, Cicurug, Sukabumi. Kunjungan ke perusahaan yang dikenal sebagai pelopor probiotik ini  ini diikuti 172 peserta.
Perjalanan dari kampus Universitas Bunda Mulia menuju lokasi memakan waktu sekitar dua jam. Rombongan tiba di lokasi pada pukul 09.30 dan disambut oleh Bapak Arby Mirdan (Humas). Para mahasiswa kemudian diajak berkeliling melihat proses produksi mulai dari proses penyiapan bahan baku hingga menjadi produk yang siap dipasarakan. Para mahasiswa dibimbing oleh tiga orang  narsumber PT. Yakult yaitu Bapak Arby Mirdan, Bapak Bambang Budyanto dan Ibu Ridhati Utria yang menjadi pembicara pada sesi talkshow.
Para narasumber memberikan eduakasi mengenai sejarah dari PT Yakult sebagai perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi. Perusahaan berdiri pada tanggal 2 Februari 1990, dan saat ini kapasitas produksi PT Yakult mencapai 3.300.000 botol/hari. Dijelaskan lebih lanjut bahwa Yakult merupakan minuman susu fermentasi yang mengandung lactobacillus casci Shirota strain yang dapat mencapai usus dalam keadaan hidup .
Seluruh perlengkapan dan peralatan produksi dirancang secara khusus dan telah terstandarisasi dan otomatis sehingga kontak langsung bahan baku selama proses dengan manusia dapat diminimalisir. Bahan baku utama yang digunakan adalah bakteri, susu bubuk, glukosa, dan air, bahan yang digunakan untuk membuat botolnya adalah polysteren, dan tutupnya dibuat menggunakan aluminium foil. Sampai dengan saat ini Yakult hanya memiliki satu jenis produk.

Tahapan proses produksi minuman terdiri dari, pembibitan yang dilakukan secara manual. Prosesnya susu bubuk disterilkan sehingga warnanya berubah menjadi coklat. Kemudian suhunya didinginkan dan dimasukkan ke tempat penampungan besar dan didiamkan selama satu hari. Tahan berikutnya adalah fermentasi, : dimana gula mengalami proses HTST (High Temper Short Time), dan susu mengalami proses UHT (Ultra High Temper). Waktu penampungan saat fermentasi ialah tujuh hari. Berikutnya adalah proses mencampur gula dan air menggunakan mesin pengaduk gula pasir dan air hingga membentuk gumpalan-gumpalan halus. Hasil dari tahap ini adalah cairan konsentrat, kemudian dimasukkan ke blending pump  yang kemudian  ditambahkan dengan air dan selesailah proses pembuatan minuman yakult.

Untuk proses pencetakan botol menggunakan 15 mesin, yang masing-masing mampu menghasilkan 18 botol, total dalam waktu satu jam dapat menghasilkan 11.000 botol. Penyimpanan botol dilakukan dengan filter udara. Di  tahap terakhir ini menggunakan beberapa mesin, diantaranya adalah selector mesin dan mesin cetak. Cairan yakult tadi kemudian diisi langsung ke dalam botol,  ditutup,  kemudian diseleksi.
Tahap pengemasan terdiri dari proses packing, repacking, yang penyusunannya dibantu oleh mesin. Kemudian menuju ruang pendingin untuk menjamin kualitas dari minuman kesehatan yakult.
Manfaat yakult bagi kesehan tubuh seperti; meningkatkan jumlah bakteri yang bermanfaat di dalam usus, memperlancar pencernaan, meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh, mengurangi racun dalam usus, mencegah perut kembung, mengikat lemak, mengobati maag, tidak mengandung pengawet, bermanfaat untuk mencegah munculnya penyakit – penakit kronis, baik untuk ibu hamil selama tidak berlebihan konsumsinya, mencegah eksim, dan dapat menyeimbangkan jumlah bakteri di dalam usus.

Rangkaian KI ditutup dengan pemberian plakat kepada Ibu Ridhati Utria oleh Ibu Grace Putlia SE.,MMselaku dosen pendamping XCM. Para peserta melakukan foto bersama sebelum kembali ke dalam bus rombongan. Tepat pukul 15.16 rombongan tiba kembali di Universitas Bunda Mulia. Go Biemers (FR, BW)

 

Kunjungan Industri Program Studi Manajemen ke PT Liwayway pada 10 Maret 2016


Pada hari Kamis, 10 Maret 2016 Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Manajemen yaitu Excellent Community of Management (XCM) melakukan Kunjungan Industri (KI) ke PT Liwayway yang telah berdiri pada tahun 1946 di Filipina dan telah beroperasi selama 10 tahun di Indonesia. Lokasi PT Liwayway terletak di Jl. Jababeka XVII-B Blok U-19 Jababeka 1 – Cikarang, Bekasi 17550, Indonesia. Kunjungan Industri kali ini hanya diperuntukan secara eksklusif bagi anggota aktif XCM yang didampingi oleh Ibu Tannia, SE., MM dan Ibu Lilis Susilawaty, SE selaku Pembina XCM.

Makanan ringan Oishi merupakan produk dari PT Liwayway yang sukses meraih pangsa pasar Indonesia sejak tahun 2006, sedangkan produk pertama mereka pada tahun 1946 adalah tepung dan kopi, bukan makanan ringan yang biasa kita jumpai saat ini. Dalam sambutannya, Bapak Ibnu Cahyadi Wibowo yang merupakan perwakilan dari PT Liwayway juga menceritakan bahwa asal kata Liwayway mencerminkan harapan serta optimisme dari perang di Manila. Serta burung yang menjadi maskot dari perusahaan tersebut adalah burung cuckoo, dimana burung cuckoo melambangkan kegagahan bagi perusahaannya.
Sesi pertama diawali dengan pemberian materi dalam Talk Show yang dipimpin oleh Bapak Ibnu. Perluasan pertama PT Liwayway adalah di China pada tahun 1995 dengan 15 anak perusahaan, kemudian dilanjutkan di Vietnam pada tahun 1997, di Myanmar pada tahun 1999, di Thailand dan Indonesia pada tahun 2006 serta yang terakhir adalah Kamboja dan India pada tahun 2012.

Sebagai bagian dari rangkaian KI, pihak perusahaan memberikan Factory Tour kepada seluruh peserta sehingga dapat melihat secara langsung proses produksi salah satu produk PT Liwayway, yang kebetulan saat itu sedang memproduksi Sponge rasa coklat, hingga proses pengemasan. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi serta Q&A bagi para peserta dan berlangsung sangat interaktif.

Acara Kunjungan Industri kali ini diakhiri dengan pemberian plakat dari Universitas Bunda Mulia yang diwakilkan oleh Ibu Tannia, SE., MM kepada PT Liwayway yang diwakilkan oleh Bapak Ibnu Cahyadi Wibowo. (fly, tnn)



Program Studi Manajemen : Kunjungan Industri ke PT Djojonegoro C1000
10 Desember 2015


Hari Kamis, 10 Desember 2015, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen yaitu Excellent Community of Management (XCM) bersama dengan mahasiswa/i aktif Program Studi Manajemen melakukan Kunjungan Industri ke PT. Djojonegoro C1000 yang berada di Desa Persawahan Cimelati, Sukabumi, Jawa Barat. Acara ini diikuti oleh 225 mahasiswa/i dan di dampingi oleh Ibu Tifani Onibala, SE., MM serta Ibu Lilis Susilawaty, SE.

         Pukul 06.20 WIB kami berangkat menuju lokasi PT. Djojonegoro C1000 dan tiba pada pukul 08.50 WIB. Sesampainya disana, kami disambut dengan sangat baik oleh pihak PT Djojonegoro C1000 dan langsung diajak berkumpul di ruang serba guna. Acara dibuka oleh Bapak Agus selaku Manager Personalia PT Djojonegoro C1000. Beliau memperkenalkan slogan “Healthy Inside, Fresh Outside”, yang merupakan slogan dari produk You C1000. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai produk You C1000 oleh Bapak Indra Utama selaku Wakil Kepala Pabrik PT Djojonegoro C1000. Berdasarkan penjelasan beliau, produk You C1000 merupakan satu-satunya minuman kesehatan pertama di Indonesia dengan kandungan vitamin C1000 Mg yang diproduksi menggunakan teknologi dibawah Lisensi House Wellness Food dari Jepang. Bapak Indra juga menjelaskan bahwa PT. Djojonegoro C1000 merupakan salah satu pabrik yang menggunakan Standart Industri Farmasi (CPOB), dan telah bersertifikasi ISO



          
                    


Kemudian kami diajak mengelilingi pabrik yang terdiri dari gudang bahan baku, gudang pemurnian air, gudang botol pengemas serta ruang produksi. Di gudang bahan baku terdapat tempat penyimpanan gula serta ruang pendingin dengan suhu -22°C dan ruang cooler dengan suhu 7°C. Setelah dari gudang bahan baku, kami dibimbing menuju gudang pemurnian air. Air yang dipakai untuk produksi merupakan air murni, yaitu air yang tidak mengandung warna, bau, dan zat mineral. Kemudian, kami menuju gudang bahan pengemas dan masuk ke ruang produksi. Kami dapat menyaksikan proses produksi mulai dari pencucian botol baru, pemeriksaan botol, pengisian cairan produk, pemberian label, hingga pengemasan. Semua proses produksi dapat dilihat melalui koridor khusus. Sebelum kembali ke ruang pertemuan, kami menuju gudang barang jadi, dimana produk yang telah selesai di produksi siap untuk di distribusikan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta makan siang. Sesi tanya jawab berlangsung dengan lancar dan para mahasiswa/i dengan aktif bertanya. Sebelum acara berakhir, PT. Djojonegoro memberikan tantangan bagi para peserta untuk mempromosikan produk You C1000, dan peserta yang berhasil mendapatkan hadiah. Acara ditutup dengan pertukaran cinderamata oleh masing-masing pihak PT Djojonegoro C1000 yang diwakilkan oleh Bapak Indra Utama maupun Universitas Bunda Mulia yang diwakilkan oleh Ibu Tifani Onibala,SE.,MM. Sebelum pulang, kami melakukan sesi foto bersama di kawasan pabrik PT. Djojonegoro C1000.

 






Program Studi Manajemen: Kegiatan Kunjungan Industri ke PT Kao Indonesia 8 Desember 2015

Pada hari Selasa, 8 Desember 2015, mahasiswa/i Program Studi Manajemen bersama HMP Manajemen Excellent Community of Management (XCM) melakukan Kunjungan Industri ke PT Kao Indonesia. Kunjungan Industri ini dibuka umum bagi mahasiswa aktif Program Studi Manajemen dengan kapasitas 41 mahasiswa, dan didampingi oleh Ibu Tannia, SE. dan Bapak Brendi, SE. PT Kao Indonesia sudah berdiri di Indonesia sejak 1985. Di Indonesia PT Kao Indonesia memiliki 2 pabrik, yaitu di Cikarang dan di Karawang. Pada kesempatan kali ini, pabrik yang kami kunjungi adalah pabrik yang berlokasi di Jl. Jababeka VI/N-2, Cikarang, Jawa Barat.
Kami semua berangkat menuju lokasi pada pukul 09.00 dan tiba di PT Kao Indonesia sekitar pukul 11.00, sesampainya disana kami langsung disambut dan diantar ke aula PT Kao Indonesia. Acara dimulai pada pukul 12.30 dan dibuka oleh Bapak Taufik Kurniawan selaku HCD Executive PT Kao Indonesia. Bapak Taufik menjelaskan “The KAO Ways”, yaitu mengenai visi dan misi serta value dari PT Kao Indonesia. Salah satu value dari PT Kao Indonesia yaitu yoki-monozukuri, yang diartikan “yoki = excellent”, “mono = product”,  serta “zukuri = developing”, dan dapat disimpulkan bahwa PT Kao Indonesia hanya mengembangkan produk-produk terbaik. Lalu dengan dibantu oleh team CCC (Consumer Communication Centre ) kami melakukan demo produk, yaitu produk Biore Pore Pack dan Laurier.
Selanjutnya, kami diajak untuk mengunjungi 3 pabrik yang ada di lokasi PT Kao Indonesia yaitu HHC (Human Health Care), FHC (Fabric and Home Care), dan SC (Skin Care). Di HHC kita dapat melihat bagaimana proses pembuatan pembalut, serta melihat bahan baku dari pembalut. Di FHC kita melihat proses pembuatan detergen, baik detergen yang bubuk maupun detergen cair, serta yang terakhir yaitu SC, disana kita dapat melihat berbagai macam produk biore dan proses pembuatan produk biore.
Setelah kami selesai mengunjungi 3 pabrik, kami dikumpulkan kembali di aula PT Kao Indonesia, dan kami melakukan sesi tanya jawab mengenai produk-produk PT Kao Indonesia. Acara
Kunjungan Industri kali ini diakhiri dengan ucapan terima kasih serta pemberian plakat dari Universitas Bunda Mulia yang diwakili oleh Ibu Tannia, SE., kepada PT Kao Indonesia yang diwakili oleh Bapak Taufik Kurniawan dan pemberian hadiah kepada penanya pada sesi tanya jawab, diwakili oleh Bapak Brendi, SE.
Pada pukul 15.30 acara pun selesai dan kami bersiap-siap untuk pulang. Tidak lupa sebelum pulang kami melakukan foto bersama. (LVA)



Kunjungan Industri ke PT Nestle Indonesia


Pada hari Jumat, 5 Juni 2015 Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Manajemen dengan nama  Excellent Community of Management(XCM) mengadakan Kunjungan Industri (KI) ke PT Nestlé Indonesia yang memiliki 4 pabrik di Indonesia dan  telah beroperasi sekitar 150 tahun. Pabrik yang dikunjungi ini pada KI ini yaitu yang berlokasi di Jl. Raya Serang Km. 12 Desa Bitung Jaya, Cikupa, Tangerang,  Banten  Kunjungan Industri ini diperuntukan  secara eksklusif bagi 35 mahasiswa anggota XCM. Para mahasiswa ini  didampingi oleh Ibu Tannia, SE., dan Ibu Lilis Susilawaty, SE selama KI berlangsung

Permen Fox’s, permen Polo, dan makanan  ringan Crunch merupakan “core product” dari pabrik  Nestlé Indonesia yang berlokasi di Cikupa ini. Dengan komitmen“Safety Starts With Me” yang diterapkan oleh Nestlé Worldwide,  PT Nestlé Indonesia sangat mengedepankan keselamatan dalam bekerja bagi para seluruh karyawan. Sebagai komitment PT Nestlé Indonesia meningkatkan gizi (nutrition), kesehatan (health) dan keafiatan (wellness) bagi konsumen serta mengacu pada motto perusahaan “Good Food, Good Life”, produk-produk tersebut merupakan wujud  nyata dari perusahaan untuk menciptakan produk pangan yang berkualitas dan bermutu tinggi.
Dalam sambutannya Bapak Bahrul Ulum  sebagai perwakilan dari Nestle bercerita tentang  sejarah perusahaan, manajemen perusahaan, produk yang dihasilkan, serta strategi perusahaan dalam mempertahankan pasar.  Sebagai bagian dari kegiatan KI pihak perusahaan mengadakan  Factory Tour dengan melihat secara langsung proses produksi permen Fox’s dan Polo hingga pengemasan. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bagi para anggota XCM dan berlangsung sangat interaktif.
Acara Kunjungan Industri kali ini diakhiri dengan ucapan terima kasih dan pemberian plakat Universitas Bunda Mulia yang diwakili oleh Ibu Tannia, SE., kepada PT Nestlé Indonesia yang diwakili oleh Bapak Thomas. (dmr)






Kunjungan Industri ke PT KAO Indonesia


Pada hari Kamis, 4 Juni 2015 mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia mengadakan acara Kunjungan Industri ke PT KAO Indonesia di Jl. Harapan VI Lot LL-3A, Kawasan Industri KIIC, Karawang-Jawa Barat 41361.
PT KAO Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha Consumer Goods yang meliputi perawatan kulit dan sabun mandi “BIORE”, perawatan kesehatan berupa pembalut wanita “LAURIER”, dan produk kebutuhan rumah tangga berupa sabun cuci pakaian “ATTACK”. Kegiatan Kunjungan Industri merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen yaitu Excellent Community of Management (XCM) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri sesuai dengan Visi Universitas Bunda Mulia.
Kunjungan Industri ini diikuti oleh 100 mahasiswa Program Studi Manajemen dan didampingi oleh Ibu Tannia, SE., dan Ibu Lilis Susilawaty, SE. Seluruh peserta disambut ramah dan baik oleh pihak PT KAO Indonesia yang diwakili oleh Ibu Tyas selaku HRD PT KAO Indonesia. Setelah itu acara dilanjutkan oleh Ibu Agnes dan Ibu Ani dengan pemaparan materi mengenai manajemen dan produk PT KAO Indonesia dengan juga memperagakan demo secara langsung akan kelebihan beberapa produk yang dihasilkan PT KAO Indonesia.
Usai materi, acara dilanjutkan dengan Factory Tour guna melihat bagaimana proses produksi dan pengemasan secara langsung. “Sistem produksi untuk produk Attack Jaz1 dengan kemasan Sachet mampu memproduksi sebanyak 154 sachet per menit” jelas Ibu Agnes. “Dalam pabrik ini kami hanya mengambil kemasan yang beratnya sudah sesuai dengan berat yang ditentukan. Jika tidak sesuai, produk otomatis dipisahkan karena kami akan membukanya lagi dan me-recycle dari awal. Tetapi untuk produk yang jatuh dilantai, kami akan langsung membuangnya untuk menjaga kualitas produk kami” lanjutnya. Setelah dari pabrik Attack, kemudian ke pabrik popok bayi Merries yang letaknya tidak jauh dari pabrik Attack. “Disini kita memproduksi popok bayi Merries menggunakan banyak bahan dasar terbaru seperti lapisan polimer super penyerap cairan dan lapisan berpori-pori” jelas Ibu Tyas sambil memperlihatkan produknya ke seluruh mahasiswa.
Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pemberian plakat Universitas Bunda Mulia yang diwakili oleh Ibu Lilis Susilawaty, SE., kepada PT KAO Indonesia yang diwakili oleh Ibu Tyas.



Kunjungan Industri Peruri oleh Program Studi Manajemen


Pada hari kamis, 4 Desember 2014 mahasiswa program studi Manajemen Universitas Bunda Mulia mengadakan acara kunjungan industri ke Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) Jl. Tarum barat, Desa Parung Mulya, Ciampel, Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Perum Peruri merupakan perusahaan yang mencetak uang baik itu uang logam, logam non uang, uang kertas, kertas berharga dan kertas berharga non uang. Kegiatan kunjungan ke industri merupakan salah satu kegiatan yang kerap dilakukan oleh setiap program studi di Universitas Bunda Mulia sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan selalu berorientasi pada industri sesuai dengan visi dari Universitas Bunda Mulia. Kunjungan kali ini diikuti oleh 50 mahasiswa program studi manajemen

Rombongan disambut dengan baik oleh pihak Perum Peruri yang diwakili oleh Bapak Purwanto selaku Ketua Percetakan Uang Perum Peruri dan Ibu Dina Selaku Humas PR Perum Peruri. Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ibu Julyana Wijaya yang menjadi dosen pendamping pada kunjungan industri kali ini. Setelah itu acara dilanjutkan dengan kata sambutan dan pemaparan tentang sejarah dan produk Perum Peruri oleh Bapak Purwanto. Usai presentasi dalam ruangan, acara dilanjutkan dengan tur keliling pabrik untuk melihat bagaimana proses produksi secara  langsung. “Tahapan paling awal dalam pembuatan uang logam adalah melakukan perancangan oleh para desainer andal, mereka bekerja di ruang khusus, tak semua orang bisa masuk, setelah rancangan rampung dibuat, tahap selanjutnya adalah membuat mould gips atau cetakan lunak. Teknik yang digunakan untuk membuat mould gips menggunakan congkel. Cetakan lunak kemudian diubah menjadi cetakan keras atau biasa disebut mould resin. Setelah mould resin jadi, selanjutnya dilakukan pemindaian digital untuk membuat cetakan yang berbentuk stempel sesuai dengan ukuran uang logam. Cetakan yang berbentuk stempel tersebut pun terdiri dari dua jenis, yaitu patris atau indukan serta matris atau produk turunan.

 Pembuatan uang kertas pun tak jauh berbeda dengan uang logam dimulai dengan pembuatan desain kemudian dikonversi menjadi pelat cetak dengan teknik engraving atau cungkil. Tujuannya untuk membuat hasil cetak dalam agar ada cekungan tempat tinta mengalir. Proses selanjutnya dilakukan dengan offside cetak dasar dan cetak intaglio atau cetak dalam. Cetak intaglio bertujuan membuat gambar timbul. Setelah itu akan dilakukan pemeriksaan lembar besar atau lembaran uang yang belum dipotong. Hal ini dilakukan untuk memastikan tak ada sobek atau tinta yang tak tercetak sempurna.Sebelum dipotong, langkah terakhir adalah pemberian nomor seri dan pengecekan ulang. Adapun proses terakhir adalah pemotongan dan pengemasan menggunakan dua metode, yaitu manual dan menggunakan mesin.

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata berupa plakat dari Program Studi Manajemen kepada Perum Peruri, dan para peserta yang ikut serta dalam kunjungan ini pun mendapat bingkisan berupa Pin Perum Peruri.
Go Biemers!



Kunjungan Industri ke PT. Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat)

Pada hari Selasa, 4 November 2014 mahasiswa program studi Manajemen Universitas Bunda Mulia mengadakan acara kunjungan industri ke PT Amerta Indah Otsuka Jl. Raya Sukabumi, Desa Kutajaya Km 28 Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. PT Amerta Indah Otsuka merupakan perusahaan memproduksi produk minuman Pocari Sweat, minuman isotonik yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Kegiatan kunjungan ke industri merupakan salah satu kegiatan kerap dilakukan oleh setiap program studi di Universitas Bunda Mulia sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan selalu berorientasi pada industri sesuai dengan visi dari Universitas Bunda Mulia.
Kunjungan kali ini diikuti oleh 100 mahasiswa semester satu. Rombongan disambut dengan baik oleh pihak PT Amerta yang diwakili oleh Bapak Agus.  Acara dimulai dengan kata sambutan dari Bapak Fahrul Riza S.E, M.M yang menjadi dosen pendamping pada kunjungan industri kali ini. Setelah itu acara dilanjutkan dengan kata sambutan dan pemaparan tentang sejarah terciptanya produk minuman Pocari Sweat  oleh Bapak Agus.
Usai presentasi dalam ruangan, acara dilanjutkan dengan tur keliling pabrik guna melihat bagaimana proses produksi secara  langsung. “Sistem produksi dengan botol plastik telah mampu memproduksi minuman sebanyak 700 botol per menit” jelas Bapak Agus. “Dalam pabrilk ini kami mencampur berbagai bahan seperti air, gula dan formula minuman yang di impor langsung dari Jepang” lanjutnya. Beberapa mahasiswa tampak antusias bertanya, termasuk alasan mengapa Pocari Sweat memilih lokasi di daerah Sukabumi. Dijelaskan oleh Bapak Agus bahwa alasan dipilihnya lokasi ini karena daerah Sukabumi ini memiliki sumber mata air yang paling bagus dan cocok untuk industri minuman.
Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata berupa plakat dari program studi Manajemen kepada PT Amerta, dan para peserta yang ikut serta dalam kunjungan ini pun mendapat bingkisan minuman Pocari Sweat. 
Go Biemers!





4 komentar:

  1. Selamat Sore,
    Bagaimana cara agar dapat kunjungan industri ke PT Liwayway yang ada di bekasi ?
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Malam,
      Maaf ya kami baru balas komentar anada.
      untuk kunjungan industi ke PT Liwayway yang ada di bekasi, anda dapat langsung menghubungi PT Liwayway di Alamat: JL. Jababeka XVII, Blok U No. 5A, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat 17530
      Telepon: (021) 89840251

      Terima kasih atas komentarnya..

      Hapus
  2. Selamat Sore,
    Bagaimana cara agar dapat kunjungan industri ke PT. Djojonegoro C1000. ?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Bismillah
    Mau bertanya apakah bisa untuk di gunakan observasi(Kunjungan Industri)?
    Adakah no kontak aktif perusahaan yang dapat di hubungi?
    Terimakasih

    BalasHapus