Sukses! IMPACT Hadir Kembali Dengan 2 Rangkaian Acara yang Spektakuler

 



Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia beserta Excellent Community of Management (XCM) kembali berhasil membawa IMPACT. Seperti yang kita ketahui bahwa IMPACT atau Inspiration for Management Planning and Action merupakan kegiatan rutin tahunan dan di tahun 2022 ini memasuki tahun ke-3. Sama seperti sebelumnya, IMPACT diadakan dengan 2 rangkaian acara yaitu National Business Case Analysis Competition yang merupakan kompetisi antar mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia dan juga International Webinar. Walaupun masih dilaksanakan secara online, namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme para Mahasiswa/I baik dari internal maupun eksternal untuk mengikuti IMPACT 2022

Melihat banyaknya produk-produk dari luar negeri di Indonesia, sebenarnya Indonesia sendiri memiliki banyak produk-produk lokal yang tidak kalah bagus kualitasnya. Produk-produk lokal Indonesia juga memiliki daya saing yang bagus, dan dapat dibuktikan dengan beberapa produk lokal yang menembus pasar internasional. Di tengah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia oleh Presiden RI Joko Widodo ini, selain ingin mengajak semua orang untuk bangga menggunakan produk buatan Indonesia, IMPACT juga ingin mengajak untuk mampu memasarkan produk lokal di pasar internasional. Oleh karena itu, IMPACT 2022 hadir dengan mengusung tema How to Market Local Brand Internationally

National Business Case Analysis Competition

Dengan tema “How to Market Local Brand Internationally”, kompetisi nasional ini berhasil dilaksanakan dari tanggal 1 Januari 2022 (pendaftaran) hingga penentuan pemenang pada tanggal 25 Februari 2022 (Final). IMPACT berhasil menggandeng 71 tim dari 13 universitas berbeda yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari 71 tim yang sudah mendaftar, selanjutnya diadakan seleksi tahap pertama dan didapatkan 12 tim yang lolos dalam babak Final. Pada babak Final ini, ke-12 tim yang lolos diminta untuk melakukan presentasi di hadapan para juri.

Penilaian presentasi dan tanya jawab dilakukan oleh Bapak Dr. Fahrul Riza S.E., MSM selaku Dosen Universitas Bunda Mulia, Bapak Fikri Rozi selaku Senior Client Solution Manager di Dentsu Indonesia, Bapak Dennis Kumara selaku Head of Business PT. Bhinneka Mentaridimensi, dan Bapak Ongky Alex Sander, S.E., MM. selaku ketua pelaksana IMPACT 2022. Yang pada akhirnya menghasilkan 3 pemenang utama dan 1 pemenang favorit.

Harapannya, di era pandemik seperti ini, para mahasiswa tidak patah semangat dalam mengimplementasikan ide-ide hebat tentang bagaimana cara memasarkan produk lokal hingga terkenal di kanca internasional.

International Webinar “How to Market Local Brand Internationally”

Webinar bertaraf Internasional ini dihadiri oleh lebih dari 600 peserta yang terdiri dari peserta internal yaitu Universitas Bunda Mulia, beberapa Universitas ternama, diantaranya Universitas Pertamina, Universitas Diponegoro Semarang, Institut Teknologi Bandung, Universitas Surabaya, Universitas Indonesia, Universitas Tarumanegara, Telkom University, Trisakti School of Management, Universitas Sari Mulia Banjarmasin, Universitas Ciputra, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Persada Indonesia serta beberapa peserta yang berasal dari luar negeri, yaitu Vancouver Community College dari Canada, Tilburg University dari Belanda, Monash University dari Malaysia dan JINAN University dari China.

Webinar ini dibuka dengan kata sambutan dari Ibu Kandi Sofia Senastri Dahlan, M.B.A., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bunda Mulia. Lalu sesi webinar dilanjutkan dan dipandu oleh Bapak Budi Christanto, S.E., M.M. selaku moderator dan dosen Program Studi Manajemen. Tidak kalah dengan IMPACT 2020 dan 2021, IMPACT 2022 juga menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten salah satunya yaitu Bapak Stefanus Christofer Setiawan selaku Business Group Director dari iProspect Indonesia.

Pemaparan materi dari narasumber sangat bermanfaat untuk diaplikasikan atau diterapkan oleh para penggiat local brand yang dapat membantu bisnisnya untuk berkembang. Webinar ini membahas mengenai strategi bagaimana cara kita untuk memasarkan brand kita sebagai brand lokal tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi hingga ke pasar internasional. 

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dalam Webinar IMPACT 2022 ini adalah pengumuman pemenang National Business Case Analysis Competition dengan 3 pemenang utama dan 1 pemenang favorit, antara lain Juara 1 dimenangkan oleh tim Articuno dari Telkom University, Juara 2 adalah tim Ceria dari Universitas Surabaya, Juara 3 adalah tim LA&S Strategy dari STIE Trisakti, dan Juara Favorit adalah tim Business Slayer dari Universitas Bunda Mulia.

Webinar ini dapat terlaksana dengan baik juga berkat sponsor dan media partner yang bersedia untuk bekerjasama menyukseskan acara IMPACT 2022 yaitu Cakap, Goodsone dan juga Lokalate. Ketiga sponsor ini juga menyiapkan hadiah yang sangat menarik berupa voucher kepada seluruh partisipan, pemenang lomba, penanya terbaik dan pemenang doorprize.


Demikianlah rangkaian acara IMPACT 2022: How to Market Local Brand Internationally! Dengan diadakannya IMPACT, kiranya kegiatan ini dapat sesuai dengan namanya “IMPACT” yaitu memberikan dampak dengan memberikan inspirasi kepada para peserta, bagaimana melakukan perencanaan dan mengeksekusi rencana tersebut baik dalam membangun bisnis ataupun menjalankannya. Sekian dan sampai jumpa di IMPACT 2023!


WhatsApp Image 2022-02-25 at 7WhatsApp Image 2022-02-25 at 7



Tidak ada komentar:

Posting Komentar