Jumat, 14 April 2023

Menerapkan Marketing Communication Dalam Suatu Perusahaan

    


    Marketing communication dapat diartikan sebagai strategi atau teknik yang dilakukan perusahaan dalam menyampaikan pesan kepada target pasar atau audiens yang dituju melalui media yang berbeda-beda. Peran marketing communication (MarCom) menjadi sangat vital dalam sebuah perusahaan. Divisi inilah yang menjembatani seluruh komunikasi, baik internal maupun eksternal perusahaan. Orang-orang di dalamnya biasanya perlu menyampaikan pesan atau membantu orang lain untuk mengenalkan seluruh elemen perusahaan. Pesan yang disampaikan harus bersifat persuasif agar dapat diterima dengan efektif dan efisien oleh target audiens. Berikut merupakan tujuan dari Marketing Communication :

1. Menghubungkan perusahaan dengan konsumen

    Dalam hal pemasaran, tugas marketing communication tentunya menyampaikan pesan dari perusahaan kepada konsumen. Peran penting ini bertujuan membangun sebuah brand sehingga lebih dikenal dan tepercaya. Dengan begitu, orang akan lebih tahu tentang latar belakang perusahaan hingga produk yang dipasarkan.

2. Membangun citra brand

    Branding tidak dibangun dalam waktu singkat. Karena itu, salah satu tugas dari marketing communication adalah membangun citra yang tepat untuk sebuah perusahaan. Seorang marketing communication harus menggunakan gaya yang konsisten untuk bisa ditangkap oleh konsumen.

3. Melakukan direct selling

    Marketing communication juga dituntut untuk bisa memasarkan produk secara langsung ke tangan end user. Cara yang digunakan tentunya bisa sangat beragam. Seorang marketing communication perlu berada sangat dekat dengan konsumen. Mereka harus membangun kepercayaan pelanggan tentang produk yang dipasarkan.

Tujuan marketing communication di atas membawa dampak positif bagi perusahaan dalam jangka panjang. Perusahaan perlu menerapkan strategi marketing communication yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut. Berikut empat langkah yang bisa diterapkan untuk menunjang kegiatan marketing communication di perusahaan :

1. Kenali Target Pasar

    Perusahaan perlu melakukan riset mengenai kondisi demografis, geografis, dan perilaku target pasar tujuan. 

2. Pilih Saluran Promosi yang Tepat

    Perusahaan juga perlu menetapkan media promosi yang tepat untuk menjangkau target pasar. Mereka bisa menggunakan saluran promosi secara langsung ataupun melalui media perantara.

3. Tentukan Unique Selling Product (USP)

    USP berguna supaya produk yang ditawarkan bisa memiliki keistimewaan dan keunikan yang tidak bisa ditemukan pada produk kompetitor.

4. Tetap Konsisten dalam Membangun Brand

    Gaya bahasa dan komunikasi, media yang digunakan, serta kualitas produk menjadi bagian dari brand image atau citra merek suatu perusahaan. Anda harus konsisten dan menjaga citra merek perusahaan tersebut supaya kepercayaan pelanggan makin bertambah.

Sumber: 

https://www.sodexo.co.id/marketing-communication-adalah/
https://prasmul-eli.co/id/articles/marketing-communication-perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar