Sabtu, 01 April 2023

Apa itu Social Media Specialist

Saat ini media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Tiktok telah menjadi teman akrab para Millenials hingga Gen Z. Hampir sebagian besar pengguna media sosial merupakan generasi muda seperti kita. Pasti Biemers juga salah satu pengguna dari aplikasi tersebut kan? Lalu, perusahaan saat ini juga mulai beralih dan semakin gencar pada digital marketing. Nah, kalau kalian tertarik di bidang digital marketing khususnya pada social media, pekerjaan ini cocok banget buat kamu!

 

 

Pernah dengar tentang Social Media Specialist? Biasanya para Social Media Specialist adalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam merencanakan dan membuat digital content marketing yang menarik di media sosial perusahaan dalam rangka meningkatkan brand awareness hingga penjualan. Namun, tugasnya bukan hanya sekedar posting foto atau video di media sosial loh. Pekerjaan ini menuntut kreatifitas dan inovasi dalam pembuatan konten serta harus sesuai dengan karakteristik platform media sosial yang digunakan agar audiens tidak cepat bosan. Dalam menjalankan tugasnya, Social Media Specialist juga bekerja sama dengan tim marketing dan design untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan target audiens.

Gimana? Kalian tertarik untuk jadi Social Media Specialist gak nih? Kalau kalian tertarik, berikut adalah beberapa skills yang perlu kalian miliki dan kembangkan untuk menjadi seorang Social Media Specialist, yaitu :

1.      Trend Awareness

Dalam media sosial, hampir semua hal cepat berubah termasuk juga tren. Sehingga, seorang Social Media Spesialist harus peka dan mengikuti tren, berita, atau hal-hal yang ramai diperbincangkan. Hal ini dapat membantu dalam pembuatan konten agar relevan dan menarik audiens.

2.      Menguasai Cara Kerja Media Sosial

Saat ini telah banyak jenis platform media sosial baik yang menggunakan visual based, audio based, dan lain-lain. Social Media Specialist harus mampu menggunakan dan memanfaatkan berbagai jenis platform tersebut yang sesuai dengan karakteristik perusahaan dan target audiens. Tidak hanya itu, kamu juga harus mengetahui bagaimana tools, audience behaviour, dan traffic dari masing-masing media sosial yang digunakan agar konten yang  kamu buat memiliki performa maksimal.

3.      Membangun Hubungan dengan Audiens

Salah satu tujuan dari Social Media Specialist adalah dapat berinteraksi dengan audiens hingga komunitas yang ada di media sosial supaya terbangun hubungan yang efektif antara brand dan target audiens. Hal ini berkaitan dengan bagaimana audiens tidak hanya menerima konten yang kamu buat, namun juga dapat merespons konten tersebut. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika hubungan tersebut telah terbangun, seperti dapat memahami kebutuhan dan mengidentifikasi pertanyaan apa yang muncul di benak audiens terkait brand.

4.      Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah alat yang dapat membantu proses optimalisasi dalam website sehingga kamu dapat menjadi urutan teratas dalam sebuah mesin pencarian. Hal ini dapat membantu para Social Media Specialist dalam memperoleh traffic pada konten yang telah dibuat.

5.      Social Media Ads

Social Media Specialist juga perlu loh untuk paham tentang iklan berbayar di media sosial. Kamu harus tau iklan media sosial mana yang terbaik dan sesuai dengan target audiens, jenis campaign, dan budget dari perusahaan kamu. Sehingga, penjualan dapat naik seiring dengan brand awareness yang meningkat.

Nah, itu dia beberapa skills yang harus kamu punya untuk menjadi Social Media Specialist. Semoga dapat membantu kamu! Kira-kira artikel selanjutnya akan bahas tentang hal apalagi ya? Stay tune terus di website kita! See you, Biemers!

Source (click here!) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar