Saat ini media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Tiktok telah
menjadi teman akrab para Millenials hingga Gen Z. Hampir sebagian besar
pengguna media sosial merupakan generasi muda seperti kita. Pasti Biemers juga
salah satu pengguna dari aplikasi tersebut kan? Lalu, perusahaan saat ini juga mulai
beralih dan semakin gencar pada digital marketing. Nah, kalau kalian
tertarik di bidang digital marketing khususnya pada social media, pekerjaan ini
cocok banget buat kamu!
Pernah dengar tentang Social Media Specialist? Biasanya para
Social Media Specialist adalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam
merencanakan dan membuat digital content marketing yang menarik di media
sosial perusahaan dalam rangka meningkatkan brand awareness hingga
penjualan. Namun, tugasnya bukan hanya sekedar posting foto atau video
di media sosial loh. Pekerjaan ini menuntut kreatifitas dan inovasi dalam
pembuatan konten serta harus sesuai dengan karakteristik platform media sosial
yang digunakan agar audiens tidak cepat bosan. Dalam menjalankan tugasnya, Social
Media Specialist juga bekerja sama dengan tim marketing dan design
untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan target audiens.
Gimana? Kalian tertarik untuk jadi Social Media Specialist gak
nih? Kalau kalian tertarik, berikut adalah beberapa skills yang perlu
kalian miliki dan kembangkan untuk menjadi seorang Social Media Specialist,
yaitu :
1.
Trend Awareness
Dalam media sosial, hampir semua hal cepat berubah termasuk juga
tren. Sehingga, seorang Social Media Spesialist harus peka dan mengikuti
tren, berita, atau hal-hal yang ramai diperbincangkan. Hal ini dapat membantu
dalam pembuatan konten agar relevan dan menarik audiens.
2.
Menguasai
Cara Kerja Media Sosial
Saat ini telah banyak jenis platform media sosial baik yang menggunakan
visual based, audio based, dan lain-lain. Social Media
Specialist harus mampu menggunakan dan memanfaatkan berbagai jenis platform
tersebut yang sesuai dengan karakteristik perusahaan dan target audiens. Tidak
hanya itu, kamu juga harus mengetahui bagaimana tools, audience
behaviour, dan traffic dari masing-masing media sosial yang digunakan
agar konten yang kamu buat memiliki
performa maksimal.
3.
Membangun
Hubungan dengan Audiens
Salah satu tujuan dari Social Media Specialist adalah dapat
berinteraksi dengan audiens hingga komunitas yang ada di media sosial supaya
terbangun hubungan yang efektif antara brand dan target audiens. Hal ini
berkaitan dengan bagaimana audiens tidak hanya menerima konten yang kamu buat,
namun juga dapat merespons konten tersebut. Banyak manfaat yang bisa kamu
dapatkan ketika hubungan tersebut telah terbangun, seperti dapat memahami
kebutuhan dan mengidentifikasi pertanyaan apa yang muncul di benak audiens
terkait brand.
4.
Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) adalah alat yang dapat membantu proses optimalisasi dalam website sehingga kamu dapat menjadi urutan teratas dalam sebuah mesin pencarian. Hal ini dapat membantu para Social Media Specialist dalam memperoleh traffic pada konten yang telah dibuat.
5.
Social Media Ads
Social Media Specialist juga perlu loh
untuk paham tentang iklan berbayar di media sosial. Kamu harus tau iklan media
sosial mana yang terbaik dan sesuai dengan target audiens, jenis campaign,
dan budget dari perusahaan kamu. Sehingga, penjualan dapat naik seiring
dengan brand awareness yang meningkat.
Nah, itu dia beberapa skills yang harus kamu punya untuk menjadi Social Media Specialist. Semoga dapat membantu kamu! Kira-kira artikel selanjutnya akan bahas tentang hal apalagi ya? Stay tune terus di website kita! See you, Biemers!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar