Sebagai seorang pebisnis, salah satu kunci
utama agar bisnis dapat berjalan dengan baik ialah startegi pemasaran yang
dapat menentukan target pasar.
Target pasar dapat dijelaskan sebagai sekelompok orang yang menjadi target pemasaran bisnis Anda. Segmentasi target pasar juga beragam. Dimulai dari demografis, geografis, dan psikografis. Apa saja mereka? Yuk simak penjelasannya!
- Segmentasi Demografis
Sekelompok orang yang dikelompokkan berdasarkan rentang umur, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan lain sebagainya.
- Segmentasi Geografis
Sekelompok orang yang dikelompokkan berdasarkan lokasi dimana mereka tinggal, seperti desa, kota, negara, hingga provinsi tertentu.
- Segmentasi Psikografis
Sekelompok orang yang dikelompokkan
berdasarkan gaya hidup, kepribadian, hingga ketertarikan mereka.
Lalu bagaimana cara menentukan target pasar
dengan Efektif?
Salah satu caranya ialah dengan melalui
riset sebelum perilisan produk.
Langkah dasar yang dapat dilakukan antara lain :
- Identifikasi apa yang akan menjadi daya tarik produk Anda bagi konsumen.
- Susun segmentasi pasar berdasarkan ketiga kategori di atas (Demografis, Geografis, dan Psikografis).
- Lakukan riset untuk mengetahui apa kebutuhan dan keinginan konsumen dari produk Anda.
- Lakukan pemasaran dengan mengarahkan target pasar dari segmentasi sebelumnya.
Bagaimana Biemers? Setelah mengetahui tips di atas, apakah kalian tertarik untuk memulai bisnis?
Source:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar