Mahasiswa merupakan makhluk sosial dan intelektual yang
memiliki segudang kesibukan serta tanggung jawab yang besar bagi dirinya,
lingkungan, serta masa depannya, yang tentunya dalam porsi yang berbeda-beda
antara satu individu dengan individu lainnya. Selain mengerjakan tugas kuliah
atau mengikuti kegiatan perkuliahan di dalam kelas, para mahasiswa yang aktif
biasanya juga memiliki kegiatan lain di luar kampus, seperti organisasi kampus
ataupun organisasi kemasyarakatan. Cukup menyulitkan bukan, untuk menjadi
seorang mahasiwa? Tugas-tugas, serta kegiatan yang harus dijalankan dengan
secepatnya, serta berbagai cara untuk mengatur waktunya, apalagi yang menjalani
kuliah sambil bekerja, tenetu akan membuat mahasiswa tersebut mempriorotaskan
satu hal dan mengesampingkan hal lainnya. Apalagi jika yang dikesampingkan
justru urusan kuliah, tentunya akan menyebabkan proses selama menjalani
studinya menjadi tidak maksimal.
Di samping itu, kegiatan mahasiswa yang begitu banyak tak
jarang menimbulkan kemalasan yang menyebabkan tugas-tugas menumpuk dan pada
akhirnya menjadi beban yang begitu berat. Hal ini akan menimbulkan tuntutan
dari orang tua yang ingin agar anaknya segera lulus.
Sebagai seorang mahasiswa, tentunya di dalam dirimu telah
dibekali berbagai kelebihan, baik dari segi intelegensi yang seharusnya memang
sudah berbeda dengan semasa SMA, pola berpikir yang harus lebih kompleks dan
seorang agent problem solving yang baik, serta tentunya menjadi pribadi yang
harus mampu untuk mengatur waktu dengan baik.
Menjalani segala hal dengan teratur, tentu akan membuat
hidup lebih teratur. Menjalani proses perkuliahan, organisasi kampus,
organisasi kemasyarakatan, semuanya berjalan dengan seimbang dan memperoleh
hasil yang membanggakan. Nah, kembali lagi ke manajemen waktu, manejemen waktu
akan membuatmu merangkul semuanya. Inilah tips ampuh mengatur manajemen waktu
agar kamu tidak menunda-nunda kegiatanmu.
1. Buatlah jadwal
waktu untuk diri sendiri
Kamu harus meluangkan waktu beberapa hari dalam seminggu
untuk benar-benar menyendiri dan menghindari kegiatan organisasi, misalnya kamu
mengambil hari sabtu dan minggu.Usahakan pada saat itu tidak seorangpun yang
mengganggumu, biarkan dirimu terkunci sendiri di dalam kamar. Hal ini mungkin
membuat aku terdengar seperti seorang mahasiswa mengerikan. Tapi aku harus
melakukan hal itu, senin sampai jumat akan menjadi waktu untuk kegiatan
berorganisasi, dan waktu menyendiri ini untuk melakukan pekerjaan lain seperti
mengerjakan tugas, merapikan dan membersihkan kamar, waktu untuk
mengintrospeksi diri, dan lain-lain.
2. Buatlah
perencanaan
Sebaiknya kamu menulis setiap tugas rumah yang kamu
dapatkan, kegiatan mahasiswa, jadwal kerja paruh waktu, dan lain-lain. Gunakan
sebuah kertas untuk menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada hari dan
waktu tertentu. Bahkan, waktu makan dan tidurpun sebaiknya kamu tulis agar
menghindarkan kamu dari lupa makan dan kurang istirahat yang akan memuat
kesehatanmu terganggu. Buatlah perencanaan ini secara berkala. Hal ini memang
kelihatannya sepele, tapi pasti akan bisa membantumu agar tidak selalu
menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya kamu selesaikan pada hari itu.
3. Buatlah skala
prioritas
Prioritas yang dipilih oleh setiap orang tentunya berbeda,
jadi kamu sendiri yang dapat menentukan dan memilih pekerjaan mana yang paling
mendesak dan harus kamu lakukan terlebih dahulu. Sebaiknya kamu tetap
memprioritaskan kuliah daripada kegiatan di luar kuliah, karena tujuan utamamu
datang ke perguruan tinggi itu adalah untuk kuliah dan mendapatkan ilmu.
Usahakanlah agar kamu mendapatkan nilai IPK yang tinggi. Hal itu pastinya akan
menjadi kebanggaan bagi orang tuamu, dan dapat menjadi salah satu hadiah bagi
mereka atas kerja keras mereka selama ini dalam membiayai kuliahmu.
4. Selalu update informasi dari dosen
Menjadi seseorang yang aktif dalam organisasi mungkin akan
membuatmu ketinggalan informasi tentang kuliah, misalnya ada kelas tambahan,
atau perpindahan jam kuliah. Untuk itu, jagalah hubungan baik dengan dosen,
sehingga dosen akan dengan senang hati memberikan informasi jika adanya
informasi penting yang mungkin belum kamu ketahui. Baik berupa tugas, jam
tambahan, pergeseran jam kuliah, dan lain-lain. Kamu harus berterima kasih
kepada dosen tersebut, karena ia telah menjadikan kamu istimewa.
sumber:
http://www.berkuliah.com/2014/09/tips-ampuh-manajemen-waktu-untuk.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar