Rabu, 01 Januari 2020

BAGAIMANA CARA MENENTUKAN PEMINATAN DI JURUSAN MANAJEMEN ???



Kuliah Manajemen adalah salah satu yang paling diminati di Indonesia. Dan ketika kita menekuni jurusan ini, kita akan dihadapkan pada pemilihan peminatan. Maklum saja, Manajemen adalah ilmu yang cakupannya luas sekali. Sejumlah peminatan secara fungsional diadakan untuk posisi kerja yang akan sesuai dengan minat mahasiswa.
Jika kamu termasuk mahasiswa yang sedang kuliah Manajemen, sudahkah memutuskan karir masa depanmu? Tenang, meskipun saat ini kamu masih bertanya-tanya, kuliah Manajemen ternyata memberikan banyak prospek karier yang bisa kamu pilih. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu punya ide lain mengenai yang bisa kamu lakukan setelah lulus mata kuliah ini.
Untuk kamu, mahasiswa yang sedang menyelesaikan kuliah Manajemen.
Mungkin saat ini kamu termasuk salah satu mahasiswa yang sedang bingung. Meskipun mata kuliah Manajemen adalah sesuatu yang kamu senangi, kamu belum punya bayangan jelas ingin menjadi apa nanti. Padahal, terlalu lama memutuskan juga bukan sesuatu yang baik.
Sebelum terlarut dalam kebingungan dengan tujuan hidupmu, kami akan menjelaskan 5 perminataan di UBM yang bisa jadi pilihanmu. Jangan takut kehabisan ide, karena kuliah manajemen bisa mengantarkanmu kepada banyak alternatif pilihan hidup. Apa sajakah itu? Yuk, cek satu-satu di sini sebelum memutuskan.


1.    Finacial Management ( Manajemen keuangan )
Manajemen keuangan adalah konsentrasi manaiemen Yang berfokus pada pengelolaan keuangan suatu perusahaan, mulai dari penggalian, pemanfaatan, sampai pengontrolan dana. Dalam konsentrasi ini, kamu akan belaiar lebih dalam mengenal analisis strategi dan operasi yang yang dapat mengoptimasi kinerja keuangan perusahaan, termasuk keputusan investasi dan akuisisi.Bicara soal keuangan, pastinya di konsentrasi ini kamu bakal ketemu sama banyak proses hitung menghitung, Eits, buat yang nggak suka itung-itungan, iangan keburu panik dulu. Kalau kamu emang minat banget sama konsentrasi ini, kuncinya cukup iadi orang vang telit aja, kok! Sebagai gambaran, mata kuliah yang bakal kamu temui dalam konsentrasi inl adalah:
Manajemen Keuangan Internasional
Manajemen Investasi & Portfollio Seminar Manajemen Keuangan
Manajamen Keuangan & Perbankan Syariah*
Manajemen Risiko*



2.    Human Resource Manajemen ( Sumber Daya Manusia)
Konsentrasi manajemen pemasaran meliputi segala teknik dalam memasarkan suatu produk serta analisis strategi untuk dapat memenangkan persaingan bisnis, baik dalam pasar lokal maupun internasional.Kamu yang ingin mengembangkan sisi kreatif dan selalu ngikutin tren terkini cocok banget kalau memilih konsentrasi ini. Soalnya, selain mampu memahami konsep, sebagai tenaga pemasar yang baik kamu juga harus bisa mengimplementasikannya sekece mungkin agar bisa menarik Perhatian dan minat konsumen.Sebagai gambaran, mata kuliah yang bakal kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:
·         Sistem Informasi Pemasaran
·         Manajemen Pemasaran Internasional
·         Seminar Manajemen Pemasaran
·         Pemasaran Relasional Pelanggan*
·         Pemasaran Internet*
·         Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran*
·         Pemasaran Jasa*



3.    Business Strategic ( Strategi Bisnis)

Strategi Bisnis dalah kemampuan untuk mengumpulkan dan memahami informasi tentang bisnis. Hal tersebut meliputi serangkaian teknik, proses, dan teknologi yang dirancang untuk memungkinkan manajer mendapatkan pengetahuan unggul dan memahami bisnis dalam organisasi sehingga dapat membuat keputusan yang lebih baik.
Menurut Technavio (2016), pasar Business Intelligence (BI) diprediksikan mengalami pertumbuhan sekitar 10 persen CAGR (Compound Annual Growth Rate). Pertumbuhan ini dimotori oleh peningkatan pemanfaatan analisis data oleh organisasi dipenjuru dunia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan perusahaan-perusahaan dalam memanfaatkan analisis data untuk visi organisasi dalam konteks pengambilan keputusan akan membutuhkan sumber daya profesional di bidang Business Intelligence.
Mahasiswa akan masih mempelajari manajemen informasi dan data secara lanjut. Selain itu, mahasiswa dengan peminatan BI akan belajar database secara dalam dari segi kegunaaan  bagi pengguna yang akan memberikan informasi yang memudahkan pengguna dalam pengambilan keputusan dengan ditampilkan melalui visualisasi tertentu.


4.    Retail Management ( Manajemen Retail)
Manajemen Retail berkonsentrasi untuk mendidik mahasiswa agar mampu ber- kiprah dalam dunia bisnis retail modern. Lulusan Manajemen Retail mampu merancang dan merencanakan manajemen ritel perusaha- an meliputi lokasi dan desain tata-letak, pengadaan, operasi, layanan, pemasar- an, supply chain, keuangan ritel, waralaba, sampai kepada strategi manajemen ritel; dan mengembangkan sumber daya tenaga manajemen ritel yang andal, dan terampil menggunakan teknologi informasi guna menunjang kebutuhan profesional sebagai seorang retailer dalam era digital.
Program studi retail  menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama sesuai dengan kompetensi lulusan program studi Manajemen dan kompetensi manajemen retail yang dijabarkan sebagai berikut :
·         Mampu bekerja di lingkungan global, yang didukung oleh sikap, prilaku profesional, dan etika yang baik.
·         Mampu merancang, membangun dan mengembangkan bisnis, yang didukung oleh pengetahuan, wawasan dan ketrampilan entrepreneur & intrapreneur.
·         Mampu mengumpulkan, menyajikan, mengolah dan melakukan analisis untuk pengambilan keputusan dalam pemecahan permasalahan bisnis dan manajemen dengan menggunakan dasar dan konsep ilmu manajemen.
·         Mampu melakukan penelitian dan pengembangan di bidang manajemen dan bisnis yang dapat memberikan nilai tambah dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
·         Mampu menganalisis dan merancang strategi manajemen ritel perusahaan, yang meliputi pemilihan lokasi, perencanaan tata-letak, pengadaan barang, layanan, pemasaran, supply chain, keuangan ritel, waralaba, dan strategi manajemen ritel.
·         Mampu mengelola dan mengevaluasi manajemen retail, yang meliputi pemilihan lokasi, perencanaan tata-letak, pengadaan barang, layanan, pemasaran, supply chain, keuangan ritel, waralaba, dan strategi manajemen ritel.



5.    Marketing Management ( Manajemen Pemasaran)
Konsentrasi manajemen pemasaran meliputi segala teknik dalam memasarkan suatu produk serta analisis strategi untuk dapat memenangkan persaingan bisnis, baik dalam pasar lokal maupun internasional. Kamu yang ingin mengembangkan sisi kreatif dan selalu ngikutin tren terkini cocok banget kalau
memilih konsentrasi ini. Soalnya, selain mampu memahami konsep, sebagai tenaga pemasar yang baik kamu juga harus bisa mengimplementasikannya sekece mungkin agar bisa menarik Perhatian dan minat konsumen. Sebagai gambaran, mata kuliah yang bakal kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:
·         Sistem Informasi Pemasaran
·         Manajemen Pemasaran Internasional
·         Seminar Manajemen Pemasaran
·         Pemasaran Relasional Pelanggan*
·         Pemasaran Internet*
·         Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran*
·         Pemasaran Jasa*

Dari lima perminataan ini, mana yang akan kamu pilih? Ingat, meskipun misalnya sama-sama kuliah manajemen, setiap orang pasti memiliki minat dan kemampuan yang berbeda. Tidak perlu ikut-ikutan teman menjadi seorang akuntan bila kamu lebih suka bergerak di bidang operasional atau merasa berbakat menjadi seorang marketer yang gigih. Bahkan, bila kamu memutuskan untuk membangun perusahaan startup sendiri, kesempatan itu akan selalu ada.




Sumber :


2 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus