Kuliah Manajemen adalah salah satu yang
paling diminati di Indonesia. Dan ketika kita menekuni jurusan ini, kita akan
dihadapkan pada pemilihan peminatan. Maklum saja, Manajemen adalah ilmu yang
cakupannya luas sekali. Sejumlah peminatan secara fungsional diadakan untuk
posisi kerja yang akan sesuai dengan minat mahasiswa.
Jika kamu termasuk mahasiswa yang sedang kuliah Manajemen,
sudahkah memutuskan karir masa depanmu? Tenang,
meskipun saat ini kamu masih bertanya-tanya, kuliah Manajemen ternyata
memberikan banyak prospek karier yang bisa kamu pilih. Bahkan, bukan tidak
mungkin kamu punya ide lain mengenai yang bisa kamu lakukan setelah lulus mata
kuliah ini.
Untuk kamu, mahasiswa yang sedang menyelesaikan kuliah
Manajemen.
Mungkin
saat ini kamu termasuk salah satu mahasiswa yang sedang bingung. Meskipun mata
kuliah Manajemen adalah sesuatu yang kamu senangi, kamu belum punya bayangan
jelas ingin menjadi apa nanti. Padahal, terlalu lama memutuskan juga bukan
sesuatu yang baik.
Sebelum
terlarut dalam kebingungan dengan tujuan hidupmu, kami akan menjelaskan 5
perminataan di UBM yang bisa jadi pilihanmu. Jangan takut kehabisan ide, karena
kuliah manajemen bisa mengantarkanmu kepada banyak alternatif pilihan hidup.
Apa sajakah itu? Yuk, cek satu-satu di sini sebelum memutuskan.
1. Finacial
Management ( Manajemen keuangan )
Manajemen keuangan adalah konsentrasi manaiemen Yang
berfokus pada pengelolaan keuangan suatu perusahaan, mulai dari penggalian,
pemanfaatan, sampai pengontrolan dana. Dalam konsentrasi ini, kamu akan belaiar
lebih dalam mengenal analisis strategi dan operasi yang yang dapat mengoptimasi
kinerja keuangan perusahaan, termasuk keputusan investasi dan akuisisi.Bicara
soal keuangan, pastinya di konsentrasi ini kamu bakal ketemu sama banyak proses
hitung menghitung, Eits, buat yang nggak suka itung-itungan, iangan keburu
panik dulu. Kalau kamu emang minat banget sama konsentrasi ini, kuncinya cukup
iadi orang vang telit aja, kok! Sebagai gambaran, mata kuliah yang bakal kamu
temui dalam konsentrasi inl adalah:
ㆍ Manajemen Keuangan Internasional
ㆍ Manajemen Investasi & Portfollio Seminar Manajemen
Keuangan
ㆍManajamen Keuangan & Perbankan Syariah*
ㆍManajemen Risiko*
2. Human
Resource Manajemen ( Sumber Daya Manusia)
Konsentrasi manajemen pemasaran meliputi segala teknik dalam
memasarkan suatu produk serta analisis strategi untuk dapat memenangkan
persaingan bisnis, baik dalam pasar lokal maupun internasional.Kamu yang ingin
mengembangkan sisi kreatif dan selalu ngikutin tren terkini cocok banget kalau
memilih konsentrasi ini. Soalnya, selain mampu memahami konsep, sebagai tenaga
pemasar yang baik kamu juga harus bisa mengimplementasikannya sekece mungkin
agar bisa menarik Perhatian dan minat konsumen.Sebagai gambaran, mata kuliah
yang bakal kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:
·
Sistem Informasi Pemasaran
·
Manajemen Pemasaran Internasional
·
Seminar Manajemen Pemasaran
·
Pemasaran Relasional Pelanggan*
·
Pemasaran Internet*
·
Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran*
·
Pemasaran Jasa*
3. Business
Strategic ( Strategi Bisnis)
Strategi Bisnis dalah kemampuan untuk mengumpulkan dan
memahami informasi tentang bisnis. Hal tersebut meliputi serangkaian teknik,
proses, dan teknologi yang dirancang untuk memungkinkan manajer mendapatkan
pengetahuan unggul dan memahami bisnis dalam organisasi sehingga dapat membuat
keputusan yang lebih baik.
Menurut Technavio (2016), pasar Business Intelligence (BI)
diprediksikan mengalami pertumbuhan sekitar 10 persen CAGR (Compound Annual Growth Rate).
Pertumbuhan ini dimotori oleh peningkatan pemanfaatan analisis data oleh
organisasi dipenjuru dunia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan
perusahaan-perusahaan dalam memanfaatkan analisis data untuk visi organisasi
dalam konteks pengambilan keputusan akan membutuhkan sumber daya profesional di
bidang Business Intelligence.
Mahasiswa
akan masih mempelajari manajemen informasi dan data secara lanjut. Selain itu,
mahasiswa dengan peminatan BI akan belajar database secara dalam dari segi
kegunaaan bagi pengguna yang akan memberikan informasi yang memudahkan
pengguna dalam pengambilan keputusan dengan ditampilkan melalui visualisasi
tertentu.
4. Retail
Management ( Manajemen Retail)
Manajemen Retail berkonsentrasi untuk mendidik mahasiswa agar mampu ber-
kiprah dalam dunia bisnis retail modern. Lulusan Manajemen Retail mampu
merancang dan merencanakan manajemen ritel perusaha- an meliputi lokasi dan
desain tata-letak, pengadaan, operasi, layanan, pemasar- an, supply chain,
keuangan ritel, waralaba, sampai kepada strategi manajemen ritel; dan
mengembangkan sumber daya tenaga manajemen ritel yang andal, dan terampil
menggunakan teknologi informasi guna menunjang kebutuhan profesional sebagai
seorang retailer dalam era digital.
Program
studi retail menghasilkan
lulusan yang memiliki kompetensi utama sesuai dengan kompetensi lulusan program
studi Manajemen dan kompetensi manajemen retail yang dijabarkan sebagai berikut
:
·
Mampu
bekerja di lingkungan global, yang didukung oleh sikap, prilaku profesional,
dan etika yang baik.
·
Mampu
merancang, membangun dan mengembangkan bisnis, yang didukung oleh pengetahuan,
wawasan dan ketrampilan entrepreneur & intrapreneur.
·
Mampu
mengumpulkan, menyajikan, mengolah dan melakukan analisis untuk pengambilan
keputusan dalam pemecahan permasalahan bisnis dan manajemen dengan menggunakan
dasar dan konsep ilmu manajemen.
·
Mampu
melakukan penelitian dan pengembangan di bidang manajemen dan bisnis yang dapat
memberikan nilai tambah dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat melanjutkan
pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
·
Mampu
menganalisis dan merancang strategi manajemen ritel perusahaan, yang meliputi
pemilihan lokasi, perencanaan tata-letak, pengadaan barang, layanan, pemasaran,
supply chain, keuangan ritel, waralaba, dan strategi manajemen ritel.
·
Mampu
mengelola dan mengevaluasi manajemen retail, yang meliputi pemilihan lokasi,
perencanaan tata-letak, pengadaan barang, layanan, pemasaran, supply chain,
keuangan ritel, waralaba, dan strategi manajemen ritel.
5. Marketing
Management ( Manajemen Pemasaran)
Konsentrasi manajemen pemasaran meliputi segala teknik dalam
memasarkan suatu produk serta analisis strategi untuk dapat memenangkan
persaingan bisnis, baik dalam pasar lokal maupun internasional. Kamu yang ingin
mengembangkan sisi kreatif dan selalu ngikutin tren terkini cocok banget kalau
memilih konsentrasi ini. Soalnya, selain mampu memahami
konsep, sebagai tenaga pemasar yang baik kamu juga harus bisa
mengimplementasikannya sekece mungkin agar bisa menarik Perhatian dan minat
konsumen. Sebagai gambaran, mata kuliah yang bakal kamu temui dalam konsentrasi
ini adalah:
·
Sistem Informasi Pemasaran
·
Manajemen Pemasaran Internasional
·
Seminar Manajemen Pemasaran
·
Pemasaran Relasional Pelanggan*
·
Pemasaran Internet*
·
Perilaku Konsumen & Strategi
Pemasaran*
·
Pemasaran Jasa*
Dari lima perminataan ini, mana yang akan kamu
pilih? Ingat, meskipun misalnya sama-sama kuliah manajemen, setiap orang pasti
memiliki minat dan kemampuan yang berbeda. Tidak perlu ikut-ikutan teman
menjadi seorang akuntan bila kamu lebih suka bergerak di bidang operasional
atau merasa berbakat menjadi seorang marketer yang
gigih. Bahkan, bila kamu memutuskan untuk membangun perusahaan startup sendiri,
kesempatan itu akan selalu ada.
Sumber :
test
BalasHapusIzin promo ya Admin^^
BalasHapusbosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~