Jumat, 30 Desember 2022

TIPS DAN TRICKS MEMBANGUN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN YANG EFEKTIF


 

Pengertian Marketing Communication sendiri adalah usaha yang dilakukan seorang penjual untuk memberikan informasi, menawarkan, dan membujuk konsumen untuk membeli produk yang dijual. Untuk mewujudkan semua hal itu, tentunya terdapat cara untuk membangun strategi komunikasi pemasaran.

Ada beberapa cara dalam membangun strategi komunikasi pemasaran yang efektif, yaitu :

1.   Buatlah Pesan Secara Sederhana

      Tujuan utama komunikasi pemasaran adalah konsumen tau audiens bisa dengan cepat memahami isi pesan yang disampaikan. Maka dari itu, Anda harus bisa mengemas pesan secara sederhana, efektif, dan mudah dimengerti. Gunakanlah bahasa-bahasa sederhana tetapi jelas dan pastinya akan mudah dimengerti oleh konsumen. Dengan demikian, mereka akan lebih mudah untuk mengenali dan memahami produk yang dijual. 

2.   Ikuti Tren

     Perkembangan zaman yang terus berubah-ubah membuat kebutuhan setiap orang pastinya akan berbeda juga seiring dengan perubahan tren saat ini. Untuk itu, sebagai penjual Anda harus bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan tren yang sedang terjadi. Karena, konsumen akan mencari barang yang mereka butuhkan dan pastinya bisa memberikan solusi dari masalah yang mereka hadapi.

3.   Fokus Pada Nilai yang Ditawarkan

    Saat melakukan komunikasi pemasaran, tekankan pada nilai keunggulan produk yang Anda jual. Sebagai tips, jangan terlalu menginformasikan kualitas produk yang sebenarnya tidak dimiliki. Dengan fokus terhadap nilai suatu produk, pesan yang disampaikan akan tertanam di benak konsumen sehingga mereka lebih mudah untuk mengenali keunggulan setiap produk. Sebuah nilai jika disampaikan secara baik akan meningkatkan emosional konsumen serta memberikan rasa aman dan nyaman saat menggunakan produk.

4.   Lakukan Interaksi secara Intens dengan Konsumen

   Selain melakukan iklan, penjual juga harus melakukan komunikasi secara dua arah dengan pembeli. Karena Komunikasi pemasaran berfungsi untuk menghubungkan antara penjual dengan pembelinya. Jika ingin produk yang dijual bisa segara dikenal dan disukai oleh masyarakat, lakukanlah komunikasi secara intens kepada konsumen untuk mendapatkan perhatian mereka.

Terdapat 3 sarana yang bisa di lakukan untuk berinteraksi dengan konsumen, yakni:

    ·         Tatap Muka atau Face to Face

   Sarana ini merupakan komunikasi yang terjadi secara langsung antara penjual dan pembeli. Mereka akan bertemu langsung untuk mengenalkan dan menawarkan produk kepada pembeli.

    ·         Media Cetak

    Komunikasi yang disampaikan melalui media cetak merupakan komunikasi secara 1 arah. Biasanya bisa memanfaatkan majalah, koran, brosur, spanduk, baliho atau yang lainnya sebagai sarana  untuk promosi. 

    ·         Dunia Maya atau Internet

   Semakin banyaknya pengguna internet memunculkan media periklanan seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Youtube Ads, promosi produk melalui seorang influencer dan sebagainya.



Source :

https://www.linovhr.com/cara-membangun-strategi-komunikasi-pemasaran/

https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-marketing-communication-marcom/#.Y6-2_HZBy5d


Tidak ada komentar:

Posting Komentar