Mendengar istilah marketing sudah pasti berkaitan dengan penjualan produk dimana marketing dapat dikatakan sebagai satu kesatuan dalam kegiatan perusahaan dengan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sedangkan istilah marketing communication atau dikenal dengan istilah “Marcom” itu sudah sering digunakan oleh para pebisnis, karena dengan adanya marketing communication anda akan diperkenalkan bagaimana caranya membuat produk anda menjadi produk yang sangat menarik sehingga dapat meningkatkan konversi penjualan dan pastinya akan meningkatkan keuntungan dan profit perusahaan anda. Konsep Marcom adalah menemukan media mana yang cocok dengan target pasar, maka dapat terjadi penjualan hingga pembelian berulang. Selain itu peran marketing communication juga berkaitan dengan usaha membujuk konsumen untuk melakukan pembelian karena biasanya pesan yang disampaikan bersifat persuasif. Bentuk dari Marcom beraneka ragam, seperti pemasaran langsung, branding, iklan, presentasi sales, aktivitas online, dan sebagainya.
Tugas Marketing Communication yaitu membuat semua materi pemasaran yang didistribusikan ke pelanggan, termasuk buletin, email, dan brosur. Setelah materi pemasaran dibuat untuk kampanye pemasaran tertentu, Marketing Communication bertanggung jawab untuk mendistribusikannya melalui saluran yang sesuai. Seorang Marketing Communication adalah mereka yang harus pandai dalam proses promosi suatu produk perusahaan. Tentunya promosi produk tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Biasanya seorang marcom adalah orang yang memiliki skill presentasi yang tinggi sehingga nantinya promosi yang dilakukan dapat memberikan dampak positif pada perusahaan. Selain itu seorang Marketing Communication harus mampu mengiklankan produk suatu perusahaan dengan baik.
Berikut ini adalah skill yang dibutuhkan seorang Marketing Communication :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar