Tak kenal maka tak paham jadi mari kita simak yuk biemers apa yang dimaksud dengan manajemen strategi. Manajemen strategi adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.
Nah sobat biemers memulai bisnis itu tentu memerlukan strategi yang baik bukan? Ayo kita lihat ke-5 tahapan dalam menyusun strategi yang baik, yaitu:
Mengembangkan Visi Strategis
Visi strategis merupakan aspirasi manajemen mengenai arah masa depan, memberikan gambaran secara rinci mengenai kemana organisasi tersebut akan bergerak dan juga membentuk identitas organisasi tersebut.
Menetapkan Tujuan Strategis
Mengkonversi pernyataan visi dan misi menjadi target kinerja yang spesifik. Setiap unit dalam suatu organisasi memerlukan target yang konkret dimana kinerja dan kontribusi mereka dapat diukur terhadap pencapaian tujuan organisasi.
Merumuskan Strategi Bisnis
Beberapa langkah yang perlu dilakukan suatu organisasi dalam merumuskan strategi adalah:
Mengidentifikasi lingkungan yang akan dimasuki dan menentukan misi perusahaan untuk mencapai visi yang telah dibuat.
Melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal untuk mengukur kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh suatu organisasi dalam menjalankan misinya.
Merumuskan faktor-faktor ukuran keberhasilan (key success factors) dari strategi-strategi yang dirancang berdasarkan analisis sebelumnya.
Menentukan tujuan dan target terukur, mengevaluasi berbagai alternatif strategi dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi.
Memilih strategi yang paling sesuai untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang.
Mengeksekusi Strategi
Visi serta strategi yang telah dibuat tidak akan berarti jika kita tidak mengerjakannya secara tuntas dan optimal. Tanpa adanya eksekusi, tujuan yang telah diterapkan pun tidak akan pernah tercapai.
Mengevaluasi Strategi Bisnis
Proses pelaksanaan strategi harus dievaluasi secara regular, dalam fase evaluasi ini dapat dilihat apakah segalanya sudah berjalan dengan baik atau belum. Pada tahapan evaluasi ini, kita dapat melihatnya dengan menggunakan bantuan dari software bisnis yang telah banyak tersedia seperti salah satunya adalah Acumatica Cloud ERP.
Apakah sobat biemers sudah tau kalau Manajemen Strategis dibagi atas dua kegiatan yang saling berkaitan? Apa saja ya kedua kegiatan itu? Mari kita cari tau, manajemen strategi memiliki dua kegiatan yaitu perencanaan strategis dan pelaksanaan strategis.
Perencanaan strategis berhubungan dengan visi dan misi organisasi, proyeksi, pedoman dan taktik-taktik yang menunjang dalam pencapaian tujuan organisasi. Perencanaan strategis lebih berhubungan dengan analisis terhadap internal organisasi, yaitu analisis terhadap bentuk organisasi, apa tujuan organisasi, kekuatan dan kelemahannya, peluang dan tantangan yang dihadapi serta analisis terhadap pasar/masyarakat dari organisasi tersebut.
Di dunia digital seperti sekarang ini, hampir semua orang tenggelam di dalam era digital yang membuat orang membeli barang tanpa memikirkan jangka panjang. Berikut ini Manajemen strategi bisnis dalam menghadapi era globalisasi, maka strategi yang dapat diterapkan di perusahaan-perusahaan antara lain:
Persaingan global dengan lini yang luas
Fokus global
Fokus nasional
Ceruk yang terlindung
Analisis lingkungan eksternal
Analisis lingkungan internal
Strategi tingkat bisnis
Strategi tingkat perusahaan
Strategi akuisisi dan restrukturisasi
Strategi internasional
Kepemimpinan strategi
Mengapa harus manajemen strategis?
Karena dalam kondisi yang penuh dengan ketidakpastian pun sebuah organisasi/bisnis dapat mencapai tujuan organisasinya dengan menerapkan manajemen strategis. Dan kita harus memastikan juga nih biemers semua orang harus berpartisipasi dalam menyusun dan menjalankan keputusan yang telah diambil termasuk mengontrolnya.
Dan tidak kalah banyak juga ya manfaat yang dapat diambil apabila mengimplementasikan manajemen strategis antara lain meningkatkan performa organisasi, memperbaiki proses manajemen dan partisipasi di dalam organisasi, memperbaiki pengambilan keputusan, memperbaiki sikap, disiplin, dan motivasi individu di dalam organisasi, memperbaiki antisipasi dan kepedulian terhadap masa depan dan peluang yang terjadi, menentukan batas usaha/bisnis/kewenangan yang akan dilakukan, serta menjaga kebijakan yang taat asas dan sesuai.
Dan juga terdapat strategi fungsional, seperti:
Strategi produksi --> strategi produksi menentukan serangkaian tindakan yang harus diikuti untuk mencapai proses produksi barang atau penyediaan layanan.
Strategi pemasaran --> strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Hal ini pada dasarnya didasarkan pada definisi produk, bentuk komersialisasi, distribusinya, dan layanan purna jual. Semua keputusan ini akan difokuskan untuk mencapai kepuasan maksimal dari kebutuhan konsumen.
Strategi sumber daya manusia --> strategi sumber daya manusia merupakan keseluruhan rangkaian tindakan yang berupaya memaksimalkan potensi dan kompetensi tenaga kerja dari personel yang bekerja di perusahaan/organisasi bisnis.
Strategi keuangan --> strategi ini harus secara spesifik mendefinisikan bagaimana proses pembiayaan perusahaan/organisasi bisnis akan dicapai dan apa yang akan menjadi sumber utama untuk melakukannya.
Strategi penelitian dan pengembangan --> yang ditujukan untuk menerapkan teknik dan prosedur baru untuk meningkatkan rantai produksi dan proses penyampaian nilai bagi pelanggan.
Sumber:
http://manajemenstrategibisnis.blogspot.com/2010/10/strategi-bisnis.html
http://8thinktank.co.id/business/5-tahapan-manajamen-strategi-bisnis/
http://repository.ut.ac.id/4213/1/IPEM4218-M1.pdf
https://pengertian.apa-itu.net/apa-yang-dimaksud-dengan-strategi-fungsional.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar