Kamis, 20 Februari 2020

TIPS MEMBAGI WAKTU ANTARA KULIAH DAN ORGANISASI



Organisasi kampus di bangku kuliah memang memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa yang mengikutinya. Mulai dari pengalaman rapat, mengadakan program kerja, dan seluruh kegiatan yang harus melibatkan para aktivis kampus ini. Banyak suka dan duka yang dialami oleh para aktivis kampus ini.
Mengikuti organisasi kampus ini bisa dikatakan sangat seru apabila kita menikmatinya. Saking serunya, terkadang kita tidak dapat membagi waktu kita dengan kuliah. Lantas bagaimana kita seharusnya membagi waktu antara kuliah dan organisasi? Berikut ini 6 tips membagi waktunya.
1.      Tentukan Prioritas
Kuliah atau Organisasi, mana yang menjadi prioritas? Jawabannya ada pada diri Anda sediri. Kembali lagi pada tujuan utama Anda kuliah atau ikut organisasi. Sejatinya, tujuan utama seorang mahasiswa adalah untuk kuliah dan lulus tepat waktu. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa organisasi membantu bersosialisasi di masyarakat, terlebih kalau organisasi tersebut sesuai dengan hobi.
Tidak ada yang salah jika Anda ingin memprioritaskan salah satunya. Tapi ingat, jangan sampai ada yang terabaikan. Sebagai mahasiswa, Anda bertanggung jawab atas diri sendiri dan orang tua untuk lulus tepat waktu. Begitu pula organisasi, ketika memutuskan terjun ke dalamnya berarti Anda sudah siap dengan segala risiko dan ikut aktif berkontribusi.
Selain dari diri sendiri, Anda bisa mengonsultasikan hal ini pada senior di kampus, kerabat, dosen dan tentu saja orang tua. Untuk menentukan keputusan yang besar, setidaknya Anda butuh masukan dari mereka yang mengerti.
2.      Manajemen Waktu
Setelah menentukan prioritas, langkah selanjutnya adalah mengatur waktu sebaik mungkin. Meski ada yang diprioritaskan, tapi keduanya tidak boleh disepelekan. Untuk menjaga agar waktu tetap dapat dimaksimalkan, bila perlu buat daftar kegiatan sehingga Anda dapat lebih mudah mengatur waktu. Tidak lagi keteteran karena masalah keterbatasan waktu.

3.      Disiplin
Langkah ketiga dalam mengatur waktu antara kuliah atau organisasi adalah disiplin. Patuhi apa yang telah jadi keputusan Anda sehingga segalanya dapat berjalan dengan lancar. Dengan disiplin, kuliah dan organisasi dapat berjalan seimbang tanpa ada yang tertinggal.
4.      Konsisten
Konsisten adalah kunci utama agar keduanya dapat berjalan beriringan hingga lulus nanti. Kuliah tetap lancar dan organisasi tetap jalan. Bosan atau lelah pasti akan dialami, tapi bukan berarti itu menjadi alasan Anda untuk inkonsisten. Untuk melawan rasa lelah dan bosan, sesekali Anda perlu berlibur.
5.      Bayangan untuk Masa Depan
Agar dapat membagi waktu antara kuliah atau organisasi dengan maksimal, Anda perlu motivasi. Salah satunya adalah dengan merencanakan masa depan dengan orgnasasi dan jurusan kuliah yang sudah dipilih. Setidaknya dengan menentukan prioritas, itu artinya Anda sudah punya bayangan akan melakukan apa di masa depan nanti. Tentu saja hal ini akan semakin membuat Anda semangat untuk memaksimalkan setiap waktu agar tidak terbuang percuma.
6.      Refreshing
Terakhir, antara kuliah atau kerja juga harus ada liburan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, liburan sangat diperlukan karena manusia pasti akan mencapai titik lelah dan bosan. Liburan akan sangat membantu Anda agar kembali fresh sehingga kuliah atau organisasi dapat berjalan beriringan.
Bukan itu saja, kuliah atau organisasi tidak mungkin akan berjalan lancar. Pasti akan ada rintangan dan masalah meski sudah berusaha konsisten dan disiplin menerapkan jadwal yang telah ditentukan. Dengan refreshing, otak akan lebih siap menghadapi setiap masalah dengan penyelesaian yang baik.
Kuliah penting, organisasi juga penting. Pilihlah mana yang Anda prioritaskan. Memprioritaskan organisasi tidak salah, asal kuliah jangan diabaikan. Begitu pula sebaliknya, karena sejatinya kuliah dan organisasi memiliki peran yang sama penting. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar