Hai biemers, kali ini kita akan
membahas tentang survei pasar, lebih tepatnya bagaimana membuatnya. Survei
pasar adalah bagian yang penting dari penelitian pasar yang mengukur perasaan
dan preferensi pelanggan dalam pasar tertentu. Dengan berbagai macam ukuran,
desain, dan tujuan, survei pasar merupakan salah satu data utama yang digunakan
oleh perusahaan dan organisasi untuk menentukan produk dan layanan yang harus
ditawarkan dan cara memasarkannya.
Nah langkah-langkahnya adalah :
A.
Sebelum
membuatnya, tentukanlah :
1.
Tujuan
survei pasar.
Sebelum memulai rencana
apa pun, pastikan tujuan dari survei
pasar itu sendiri . Apa yang kalian
ingin ketahui? Apakah kalian
ingin mencoba mengevaluasi seberapa baik pasar akan menerima produk baru?
Mungkin kalian ingin
mengetahui seberapa efektif pemasaran
menjangkau target pembeli. Pastikan kalian memiliki tujuan yang jelas dalam
pikiran.
2.
Tentukan
dan definisikan dasar, jangkauan, dan ukuran pasar.
Sebelum melakukan survei
di pasar tertentu, Kalian harus
mengetahui target pasar . Pilihlah parameter geografis dan demografisnya,
identifikasilah pelanggan berdasarkan jenis produknya, dan ketahuilah jumlah
orang yang berada di pasar.
3.
Tentukan
aspek-aspek pasar yang ingin kalian
teliti.
Hal ini bergantung
sepenuhnya pada tujuan pemasaran dan ada banyak sekali pilihan yang tersedia.
Jika kalian memiliki
produk baru, kalian mungkin
ingin mengetahui seberapa dikenal atau diinginkannya produk itu di pasar
tertentu. Mungkin, kalian ingin
mengetahui kebiasaan membeli tertentu dari pasar, misalnya kapan, di mana, dan
seberapa banyak mereka membeli. Pastikan saja kalian memiliki ide yang jelas mengenai
hal-hal yang ingin kalian ketahui.
B.
Agar
mendapatkan hasil terbaik :
1.
Pilihlah
ukuran sampelnya.
Ukuran sampel harus valid
secara statistik untuk memberikan hasil yang dapat dipercaya. Biemers bisa
membuat subsampel – misalnya, “pria”, “18-24 tahun”, dst. – untuk mengurangi
risiko hasil yang cenderung mengarah ke jenis orang tertentu.
2.
Siapkan
daftar pertanyaan dengan jawaban yang akan memberikan data yang kalian butuhkan.
Pertanyaan kalian harus jelas dan spesifik.
Jika untuk mengetahui pemikiran pelanggan, fokuslah untuk membuat pertanyaan
terbuka yang dapat ditanggapi oleh pelanggan dengan pemikiran mereka daripada
menanyakan tingkat penilaian atau memberikan pilihan. Jika kalian menginginkan hasil
numerik, kalian bisa
meminta partisipan memberikan penilaian produk atau layanan dari 1 hingga 10.
3.
Buatlah
sebuah cara untuk mengukur jawaban yang kalian terima.
Jika kalian menanyakan preferensi, kalian mungkin ingin meminta
responden untuk mengurutkan perasaan mereka secara numerik atau menggunakan
kata kunci. Jika kalian bertanya
tentang uang, gunakan jangkauan nilai. Jika jawaban kalian bersifat deskriptif,
tentukan cara untuk mengelompokkan tanggapan-tanggapan ini setelah survei
selesai sehingga tanggapan dapat dikelompokkan dalam kategori
C.
Melaksanakan
survei :
1.
Tentukan
periode waktu dan lokasi untuk survei.
Pastikan untuk memilih kombinasi
dari waktu dan lokasi yang paling mungkin menghasilkan sampel terbesar.
2.
Periksa
ulang formulir survei.
Ingatlah bahwa survei
sebaiknya tidak lebih dari lima menit dan harus memiliki pertanyaan yang sangat
mudah untuk dijawab.
3.
Analisislah
hasil.
Catatlah dan susunlah
tanggapan numeriknya dalam tabel sambil menghitung rata-rata dan menganalisis
tanggapan yang tinggi atau rendah. Bacalah dengan teliti dan analisislah
tanggapan dari pertanyaan terbuka untuk mendapatkan ide mengenai tanggapan
partisipan kalian
dan pemikiran mereka. Susunlah informasi yang kalian dapatkan dalam sebuah laporan yang
meringkas penemuan.
Nah itulah beberapa tips untuk
membuat survei pasar. Semoga artikel ini bermanfaat dan maaf jika ada kesalahan
kata. Samapi jumpa di artikel selanjutnya.
~ UNA ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar