Senin, 09 Januari 2017

Bagaimana Membuat Survei Pasar yang Baik


Hai biemers, kali ini kita akan membahas tentang survei pasar, lebih tepatnya bagaimana membuatnya. Survei pasar adalah bagian yang penting dari penelitian pasar yang mengukur perasaan dan preferensi pelanggan dalam pasar tertentu. Dengan berbagai macam ukuran, desain, dan tujuan, survei pasar merupakan salah satu data utama yang digunakan oleh perusahaan dan organisasi untuk menentukan produk dan layanan yang harus ditawarkan dan cara memasarkannya.

Nah langkah-langkahnya adalah :

A.     Sebelum membuatnya, tentukanlah :

1.      Tujuan survei pasar.
Sebelum memulai rencana apa pun, pastikan tujuan dari survei pasar itu sendiri . Apa yang kalian ingin ketahui? Apakah kalian ingin mencoba mengevaluasi seberapa baik pasar akan menerima produk baru? Mungkin kalian ingin mengetahui seberapa efektif pemasaran  menjangkau target pembeli. Pastikan kalian memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran.
2.      Tentukan dan definisikan dasar, jangkauan, dan ukuran pasar.
Sebelum melakukan survei di pasar tertentu, Kalian harus mengetahui target pasar . Pilihlah parameter geografis dan demografisnya, identifikasilah pelanggan berdasarkan jenis produknya, dan ketahuilah jumlah orang yang berada di pasar.
3.      Tentukan aspek-aspek pasar yang ingin kalian teliti.
Hal ini bergantung sepenuhnya pada tujuan pemasaran dan ada banyak sekali pilihan yang tersedia. Jika kalian memiliki produk baru, kalian mungkin ingin mengetahui seberapa dikenal atau diinginkannya produk itu di pasar tertentu. Mungkin, kalian ingin mengetahui kebiasaan membeli tertentu dari pasar, misalnya kapan, di mana, dan seberapa banyak mereka membeli. Pastikan saja kalian memiliki ide yang jelas mengenai hal-hal yang ingin kalian ketahui.

B.     Agar mendapatkan hasil terbaik :

1.      Pilihlah ukuran sampelnya.
Ukuran sampel harus valid secara statistik untuk memberikan hasil yang dapat dipercaya. Biemers bisa membuat subsampel – misalnya, “pria”, “18-24 tahun”, dst. – untuk mengurangi risiko hasil yang cenderung mengarah ke jenis orang tertentu.
2.      Siapkan daftar pertanyaan dengan jawaban yang akan memberikan data yang kalian butuhkan.
Pertanyaan kalian harus jelas dan spesifik. Jika untuk mengetahui pemikiran pelanggan, fokuslah untuk membuat pertanyaan terbuka yang dapat ditanggapi oleh pelanggan dengan pemikiran mereka daripada menanyakan tingkat penilaian atau memberikan pilihan. Jika kalian menginginkan hasil numerik, kalian bisa meminta partisipan memberikan penilaian produk atau layanan dari 1 hingga 10.
3.      Buatlah sebuah cara untuk mengukur jawaban yang kalian terima.
Jika kalian menanyakan preferensi, kalian mungkin ingin meminta responden untuk mengurutkan perasaan mereka secara numerik atau menggunakan kata kunci. Jika kalian bertanya tentang uang, gunakan jangkauan nilai. Jika jawaban kalian bersifat deskriptif, tentukan cara untuk mengelompokkan tanggapan-tanggapan ini setelah survei selesai sehingga tanggapan dapat dikelompokkan dalam kategori

C.     Melaksanakan survei :

1.      Tentukan periode waktu dan lokasi untuk survei.
Pastikan untuk memilih kombinasi dari waktu dan lokasi yang paling mungkin menghasilkan sampel terbesar.
2.      Periksa ulang formulir survei.
Ingatlah bahwa survei sebaiknya tidak lebih dari lima menit dan harus memiliki pertanyaan yang sangat mudah untuk dijawab.
3.      Analisislah hasil.
Catatlah dan susunlah tanggapan numeriknya dalam tabel sambil menghitung rata-rata dan menganalisis tanggapan yang tinggi atau rendah. Bacalah dengan teliti dan analisislah tanggapan dari pertanyaan terbuka untuk mendapatkan ide mengenai tanggapan partisipan kalian dan pemikiran mereka. Susunlah informasi yang kalian dapatkan dalam sebuah laporan yang meringkas penemuan.

Nah itulah beberapa tips untuk membuat survei pasar. Semoga artikel ini bermanfaat dan maaf jika ada kesalahan kata. Samapi jumpa di artikel selanjutnya.


~ UNA ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar